Breaking News

Sejumlah Kota yang Akan Dilewati Kereta Cepat


Surabaya, reporter.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkap rute lanjutan yang akan dilewat kereta cepat. Kereta cepat Jakarta-Bandung rencananya akan disambung hingga Surabaya.

Ridwan Kamil menyebutkan bahwa tahap selanjutnya jika kereta cepat Jakarta-Bandung tuntas dibangun, rutenya akan diperpanjang hingga Surabaya. Sejumlah kota akan dilewati kereta cepat rute Bandung-Surabaya.

"Dan doakan jika lancar, tahap berikutnya adalah rute Bandung-Kertajati-Purwokerto-Yogya-Madiun-Surabaya. Diharapkan investasi lebih murah karena rutenya melipir jalan tol sehingga tidak banyak pembebasan lahan. Aamin," kata Ridwan Kamil. Kamis (17/11/2022).

"Yang dipakai tes, adalah kereta inspeksi, yang masih dibungkus plastik dan ditutup lantai sementara," ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil terlihat mondar-mandir mememarkan interior kereta. Dia mengungkapkan, kereta tersebut berjalan dengan lembut, terasa tanpa guncangan. Dia berharap di Juni tahun depan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah bisa digunakan masyarakat luas.

"Tidak ada guncangan sama sekali, karena kereta berjalan dengan lembut. Semoga Juni 2023 sudah bisa dipergunakan bagi publik dan meningkatkan ekonomi Jawa Barat dan DKI berlipat-lipat," ungkap Ridwan Kamil.

Saat uji coba, kata Ridwan Kamil, kecepatan kereta cuma 80 km per jam. Namun, jika sudah beroperasi nanti, kereta bisa meluncur kencang dengan kecepatan mencapai 350 km per jam. Jakarta-Bandung bisa ditempuh hanya dalam tempo 40 menit.

"Tinggal di Bandung dan kerja di Sudirman-Thamrin Jakarta, sekarang menjadi mungkin. Karena konsep jarak bukan lagi berapa jauh tapi berapa lama," tutup Ridwan Kamil.

(hum.aw)


© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini