Breaking News

Peringati Hari Pahlawan, Gubernur Khofifah Gratiskan Bus Trans Jatim Sehari Penuh Pada 10 November

  


Surabaya, reporter.com - Kabar gembira untuk masyarakat Jawa Timur (Jatim) khususnya yang tinggal di wilayah Sidoarjo, Surabaya dan Gresik. Pasalnya pada Hari Pahlawan 10 November 2022 mendatang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menggratiskan biaya Bus Trans Jatim sehari penuh.

“Insyallah nanti tanggal 10 November 2022, tarif Bus Trans Jatim digratiskan untuk masyarakat. Pembebasan tarif selama satu hari penuh ini merupakan layanan dari Pemprov Jatim untuk memperingati Hari Pahlawan,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (7/11/2022).


Orang nomor satu di Jatim itu berharap masyarakat bisa memanfaatkan momen ini semaksimal mungkin. Dengan harapan minat masyarakat menggunakan transportasi umum Bus Trans Jatim akan semakin meningkat sehingga mengurangi kepadatan kendaraan, menjaga keamanan berkendara dan juga tentunya lebih hemat.

“Berdasarkan data Dinas Perhubungan Jatim, untuk saat ini rata-rata pengguna angkutan massal Transjatim ini 3.500-4.000 penumpang per harinya. Dengan adanya pembebasan tarif di Hari Pahlawan ini diharapkan shifting masyarakat dari roda 2 ke angkutan umum bertambah,” harapnya.

Khofifah menerangkan bahwa bus Trans Jatim dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Dimana setiap armada Bus Trans Jatim telah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang menunjang keamanan berkendara.

Seperti teknologi AI yang terpasang di beberapa komponen, yang meliputi MDVR, CCTV, driver safety monitoring (DSM), advanced driver assistance system (ADAS), indicator R-Watch, touch panel dan reverse camera.

Perangkat seperti DSM ini dapat memberikan driver behavior analysis untuk memantau perilaku pengemudi agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi. (hum.red)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini