Breaking News

Pemerintah Surabaya SIapkan 1.944 CCTV Dan Akan Dipasang Di 486 RW Surabaya Untuk Kurangi Kriminalitas.



Surabaya, reporter.com - Pemkot Surabaya akan mengadakan dan memasang ribuan CCTV di wilayah perkampungan pada 2023. Ribuan CCTV itu akan dipasang untuk mengantisipasi meningkatnya angka kriminalitas di Kota Pahlawan, termasuk pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berencana memasang 1.944 CCTV yang lokasinya akan disebar ke 486 rukun warga (RW) se-Surabaya untuk mendukung keamanan wilayah. Selain CCTV, Eri juga akan melibatkan warga untuk mengurangi angka kriminalitas di Surabaya.

Eri mengaku selalu menekankan bahwa membangun sebuah kota itu harus melibatkan seluruh kekuatan masyarakat. Seperti halnya ketika dahulu para pejuang bersama-sama dalam merebut kemerdekaan.

"(Merebut) kemerdekaan itu sekarang dari keamanan pencurian, kemerdekaan dari kemiskinan, kemerdekaan dari kebodohan, serta dari pengangguran. Ini berarti apa? Masyarakatnya harus aktif," kata Eri, Sabtu (12/11/2022).

Menurut Eri, setelah pemasangan CCTV dia berharap ke depan warga Kota Surabaya bisa bersama-sama berkomitmen untuk menjaga bersama wilayahnya yakni dengan bergotong-royong membiayai beban keberadaan CCTV.

"Kalau di setiap RW mau pasang CCTV, ya, ayo. Tapi setelah itu dipikirkan bagaimana dia bayar per bulannya? Jangan dibebankan pemerintah lagi," sambungnya.

Menurut Eri, dibutuhkan kegotong-royongan masyarakat untuk menopang beban biaya itu. Dengan begitu, ujarnya, pemerintah akan membantu menyiapkan perangkatnya, sementara biaya per bulan seperti listrik atau WiFi akan dibebankan dari swadaya masyarakat.

"Sehingga masyarakat itu akan menjaga wilayahnya masing-masing," imbuhnya.

Eri menegaskan, selama ini pihaknya selalu melibatkan warga dalam membangun Surabaya. Seperti halnya membentuk Kader Surabaya Hebat (KSH) di setiap wilayah perkampungan untuk mengatasi kemiskinan, maupun bayi stunting.

"Sehingga Surabaya jadi aman bukan karena pemerintahnya, tapi karena warganya menjaga kampungnya. Aman dari pencurian, aman dari gizi buruk, dan aman dari stunting," pungkasnya.(red.Ad)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini