Breaking News

2 Desa Wisata Di Kabupaten Kediri Raih Penghargaan Dari Pemprov Jatim



Jakarta, reporter.com - Dua desa wisata di Kabupaten Kediri memborong penghargaan di ajang Festival Dewi Cemara yang digelar di Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

Bupati Kediri Hanindhito atau yang akrab disapa Mas Dhito mengatakan pihaknya terus melakukan pendampingan kepada desa wisata. Hal ini dalam rangka mengoptimalkan pengembangan kepariwisataan di Bumi Panjalu dengan berbasis kearifan lokal.

Dia pun mendorong desa-desa di Kabupaten Kediri yang memiliki potensi wisata untuk berinovasi dalam mengembangkan atraksi, destinasi, maupun daya tarik wisata yang ada di desa.

"Karena ekonomi tak harus selalu tumbuh di kota, tapi juga harus tumbuh dari desa, salah satunya adalah pengembangan desa-desa wisata," katanya dalam keterangannya, Selasa (8/11/2022).

Dia mengatakan Kabupaten Kediri tidak hanya kaya akan budaya dan seni, tapi juga alam yang indah. Menurutnya, kekayaan tersebut bisa menjadi modal untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya desa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo menjelaskan terdapat 3 delegasi yang mewakili Kabupaten Kediri dalam Festival Dewi Cemara. Yakni Desa Wisata Keling, Kecamatan Kepung dan Desa Wisata Sempu, Kecamatan Ngancar.

"Desa Wisata Keling mendapat penghargaan sebagai penyaji terbaik virtual tour, dan Desa Wisata Sempu terbaik stand pameran desa wisata," paparnya.

Dikatakannya pada acara yang digelar Senin (7/11) kemarin, Khofifah juga memberikan apresiasi penghargaan untuk desa-desa wisata yang berinovasi dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Untuk penghargaan ini, Desa Wisata Keling juga mendapat penghargaan bersama 9 desa wisata lain di Jatim," ucapnya.
Diketahui, 9 desa wisata lain penerima penghargaan di Festival Dewi Cemara 2022 di antaranya Desa Wisata Tirta Agung Kabupaten Bondowoso, Desa Wisata Sendang Kabupaten Tulungagung, Desa Wisata Klatakan Kabupaten Situbondo, dan Desa Wisata Kuningan Kabupaten Blitar.

Selain itu ada Desa Wisata Doudo Kabupaten Gresik, Desa Wisata Durensari Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Ketapanrame Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Sumorobangun Flower Kabupaten Ponorogo dan Desa Wisata Pandanrejo Kota Batu.

Sementara itu, pengurus Pokdarwis Desa Wisata Keling Didin Saputro mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diterima. Anugerah tersebut diharapkan dapat memacu semangat untuk terus berinovasi dalam mengembangkan Desa Wisata Keling.

Dikatakannya, perkembangan Desa Wisata Keling tidak lepas dari peran Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Salah satunya melalui upaya pendampingan, baik melalui kegiatan pelatihan maupun promosi ke luar daerah.

"Kami sejak awal punya visi misi mengembangkan konsep pariwisata desa ini dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada, yakni dengan mengenalkan sejarah, cerita rakyat, dan juga tradisi masyarakat Desa Keling," ucapnya.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan Festival Dewi Cemara telah berlangsung pada tanggal 2-3 November lalu. Adapun Dewi Cemara pada nama acara merupakan akronim dari Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera.

"Ini merupakan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jatim untuk desa wisata yang telah berhasil dikelola dengan baik dan berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini