Breaking News

Masuki Musim Hujan, Polres Jember Bersama Jajaran Forpimda Gelar Apel Siaga Bencana

  


Jember, reporter.com - Memasuki musim hujan serta cuaca ekstrim dalam beberapa hari terakhir, Polres Jember bersama jajaran Forkopimda menggelar Apel Bencana Alam tahun 2022, apel yang diikuti oleh 500 personil dari berbagai unsur mulai TNI, Polri, BPBD, PMI, Tagana, Relawan Peduli Bencana, Pramuka dan juga Basarnas ini digelar di alun-alun Jember pada Selasa (25/10/2022).

Bupati Jember H. Hendy Siswanto yang memimpin apel Kesiapsiagaan bencana, dalam kesempatan tersebut menyatakan, bahwa Kabupaten Jember menjadi daerah yang cukup tinggi akan bencana longsor dan juga banjir, oleh karenanya, pihaknya ingin memastikan semua peralatan tim peduli bencana sudah siap dan tidak ada kendala.

Selain itu, Bupati juga menghimbau kepada sekolah-sekolah agar mendata kondisi gedung sekolahnya serta memberikan laporan secara berkala, mengingat dalam beberapa hari terakhir banyak sekolah yang roboh akibat guyuran hujan yang lebat.

“Potensi bencana longsor dan banjir di Kabupaten Jember sangat memungkinkan terjadi, oleh karenanya, kami minta seluruh instansi, baik TNI, Polri, BPBD, Basarnas, dan juga relawan peduli bencana, benar-benar selalu waspada, serta menyiapkan alat-alat yang memadai jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama dengan jajaran Forkopimda juga menyempatkan diri mengecek peralatan personil tanggap bencana yang ikut dihadirkan pada apel kesiapsiagaan bencana tersebut.

Sementara Kapolres Jember AKBP. Hery Purnomo, S.I.K. S.H., melalui Wakapolres Jember Kompol Kadek Ary Mahardika, dalam kesempatan tersebut menyatakan, bahwa bencana longsor dan pohon roboh bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

Terbaru longsor juga melanda kawasan Gunung Gumitir yang menghubungkan jalur Jember – Banyuwangi, oleh karenanya,pihaknya menghimbau agar masyarakat berhati-hati saat berkendara di jalan terutama pada saat hujan deras mengguyur.

“Cuaca saat ini sangat ekstrim, hujan disertai angin besar kerap terjadi dan tidak menutup kemungkinan menyebabkan beberapa pohon tumbang sehingga rawan menimpa pengendara, oleh karenanya, kami menghimbau kepada masyarakat yang sedang bepergian, agar selalu waspada dan hati-hati di jalan,” pungkas Wakapolres Jember. (hum.can)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini