Breaking News

Evakuasi Truk Tangki BBM Terguling di Blitar



Blitar, reporter.com - Proses evakuasi bodi truk tangki BBM yang terguling di Blitar mengalami kendala. Alat berat tiga kali gagal memindahkan hingga mengalami kerusakan.

Informasi yang dihimpun, alat berat yang sudah datang di lokasi merupakan inventaris Dinas PUPR Pemkab Blitar. Petugas dari BPBD Kabupaten Blitar yang membantu proses evakuasi itu. Alat berat baru dijalankan ketika ribuan liter BBM di dalam tangki telah dipindahkan ke truk tangki yang lainnya.

Alat berat tersebut sudah tiga kali bermanuver untuk memindahkan posisi bodi truk tangki ke pinggir. Namun upaya itu gagal. Bahkan alat berat mengalami kerusakan, hingga proses evakuasi terpaksa dihenti

"Tadi sudah berusaha dipinggirkan tiga kali. Tapi gagal. Ini alatnya malah rusak," kata petugas BPBD Kabupaten Blitar, Lukman, Kamis (6/10/2022).

Saat ini petugas gabungan masih menunggu kedatangan alat berat lain dari dua kota terdekat. Yakni Tulungagung dan Malang. Kondisi ini membuat akses utama Malang-Blitar masih ditutup total.

"Iya sampai saat ini jalan masih kami tutup. Pengalihan arus lalu lintas akan diteruskan sampai proses evakuasi selesai," jawab Kasi Humas Polres Blitar Iptu Udiono.

Keterangan dari Kabid Manajemen Lalin Dishub Kab Blitar, Anjar Basuki, ada tiga lokasi pengalihan arus lalu lintas dari arah timur atau Malang. Maupun dari arah barat atau Kota Blitar.

1. Dari arah barat, lalin di Simpang Tiga Tingal, Bence diarahkan ke kanan melalui jalur selatan.
2. Dari arah timur, yakni perbatasan Malang, semua lalin diarahkan ke Simpang Tiga Siraman, Kesamben agar melewati jalur selatan (Kanigoro)
3. Dari wilayah Wlingi dan sekitarnya, pengalihan arus lalin dilakukan di Simpang Empat Kendalrejo ke arah kiri. Untuk menuju jalur selatan di wilayah Kanigoro.

"Petugas akan berjaga di simpul-simpul lokasi itu. Dan arus lalin akan normal ketika lokasi laka sudah aman. Sesuai SOP, jika satu lajur sudah aman untuk dilalui," pungkasnya.

Sampai pukul 17.15 WIB proses evakuasi masih dihentikan. Selain alat berat rusak, hujan deras kembali mengguyur kawasan Blitar dan sekitarnya

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini