Breaking News

Warga Lamongan Tangkap Ular Sanca Di Sawah



Lamongan, reporter.com - Petani Desa Pasi di Lamongan dikagetkan dengan munculnya ular berukuran besar di lahan pertaniannya saat panen padi. Ular tersebut akhirnya berhasil ditangkap warga.

Keberadaan ular jenis sanca kembang berukuran besar itu mengagetkan warga Dusun Gombongtengah, Desa Pasi, Glagah saat memanen padi 2 pekan silam. Ketika itu, para buruh tani yang sedang memanen padi di salah satu sawah milik warga dikejutkan dengan kehadiran ular sanca kembang dengan ukuran kurang lebih 3 meter.

"Keberadaan ular jenis sanca kembang tersebut pertama kali dilihat saat para buruh tani sedang melakukan aktifitas pada sebidang sawah 2 pekan yang lalu," kata salah seorang warga yang bernama Aziz kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Ketika itu, kata Aziz, warga yang melihat tidak ada yang berani mengganggu keberadaan ular berukuran besar tersebut dan membiarkan saja ular tersebut berada di pematang sawah yang rimbun. Setelah 2 pekan terlihat, ular jenis sanca kembang tersebut kembali terlihat pada Selasa (20/9) kemarin.

"Saat itu warga melihat langsung hewan melata berukuran cukup besar itu akan berpindah lokasi dari pematang sawah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa tak jauh dari sawah. Mungkin ular tersebut mau pindah lokasi karena lokasi lama dirasa sudah tidak nyaman," ujarnya.

Merasa khawatir akan keselamatan warga dan hewan ternak, terang Aziz, warga sepakat untuk beramai-ramai memburu dan menangkap ular tersebut. Sejak Selasa siang, warga secara beramai-ramai menyisir pematang sawah yang sudah selesai panen tersebut hingga ke pemakaman umum.

"Kami sepakat untuk memburu ular itu karena kami merasa cemas dan khawatir saat warga sedang menjalankan aktivitas di sawah. Kami juga takut ular tersebut berdampak pada hewan ternak warga," tutur Azis.

Upaya warga melakukan penyisiran membuahkan hasil. Warga berhasil menangkap hidup-hidup ular dengan bobot yang diperkirakan lebih dari 10 kg itu. Selain berhasil menangkap ular, warga juga berhasil menemukan 2 butir telur ular.

Meski berhasil menangkap ular dan 2 butir telurnya,Warga masih dibayangi oleh perasaan was-was dan cemas. Pasalnya, warga meyakini kalau ular tersebut masih ada pasanganya yang hingga kini belum berhasil ditangkap. Hingga kini, ular tersebut masih disimpan di rumah Aziz dan belum tahu akan diapakan ular tersebut.

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini