Breaking News

Pemkab Lamongan Memugar dan Nyekar 6 Makam Leluhur, Termasuk Joko Tingkir


Lamongan, reporter.com – Pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan melakukan pemugaran situs makam di 6 (enam) lokasi. Hal ini dimaksudkan untuk menambah daya tarik pariwisata yang ada di Lamongan.

Menurut Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, pemugaran situs makam di 6 lokasi pada tahun 2022 ini digelar berdasarkan program yang telah dirancang sebelumnya. 

Adapun 6 lokasi itu di antaranya Makam Mbah Lamong di Kecamatan Lamongan, Makam Nyai Andongsari di Kecamatan Ngimbang yang telah selesai pengerjaan, lalu Makam Joko Tingkir di Kecamatan Maduran yang masih dalam proses pengerjaan, serta Makam Mbah Kinameng di Kecamatan Lamongan yang saat ini akan dimulai.

Sedangkan dua makam lainnya, yakni Makam Syech Hasan Ali di Kecamatan Modo yang masih dalam proses perencanaan dan Makam Rangga Abu Amin yang ke depannya masuk dalam PAPBD yang pemugarannya juga bakal dilanjutkan.



“Sesuai program Pemkab Lamongan, ada 6 situs makam leluhur yang dipugar. Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya,” ujar Bupati Yuhronur, saat berada di Makam Mbah Kinameng, Panglima perang Kadipaten Lamongan terdahulu. 

Melalui revitalisasi sejumlah makam ini, Bupati yang akrab disapa Pak YES ini berharap, nantinya dapat menjadi daya tarik pariwisata di Kabupaten Lamongan. Dengan begitu, masyarakat juga dapat melakukan ziarah dengan nyaman dan fasilitas yang lebih memadai.

“Semoga dengan pemugaran makam ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terutama warga sekitar situs makam dan peziarah yang datang ke makam ini,” harapnya. 

Tak cukup itu, Bupati Yuhronur juga mengajak kepada masyarakat, khususnya warga sekitar untuk terus mensupport pemugaran makam, sehingga dapat memberikan manfaat kembali bagi warga sekitar.

“Pemugaran makam leluhur semoga juga membawa spirit dan semangat bagi masyarakat Lamongan. Supaya ke depannya tidak melupakan tokoh-tokoh yang meletakkan dasar-dasar adanya Kabupaten Lamongan ini. Sekaligus mendorong dan untuk kita yang masih diberi kesempatan ini agar bersemangat menjadikan Lamongan lebih jaya dan nyaman,” tandasnya. (red.hr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini