Breaking News

Gubernur Khofifah Bagikan Zakat Produktif di Pasar Ikan Lamongan




Lamongan, reporter.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan bantuan usaha ultra mikro berupa zakat produktif. Pembagian zakat dilakukan langsung ke para pedagang kecil di Pasar Ikan Lamongan.

Khofifah menyebut bantuan zakat produkstif ini rutin dilakukan untuk membantu para pelaku usaha ultra mikro yang ada di Jatim. Kemarin, kata Khofifah, zakat produktif telah dibagikan kepada penjual ikan di TPI Puger, Jember dan hari ini penjual ikan di Pasar Ikan Lamongan.

"Zakat produktif yang kita bagikan hari ini dari CSR BUMN dan BUMD," kata Khofifah usai membagikan zakat produktif langsung di lapak para penjual ikan yang ada di Pasar Ikan Lamongan, Selasa (20/9/2022).
Pembagian zakat produktif sebesar Rp 500 ribu ini, terang Khofifah, juga sebagai bantalan ekonomi masyarakat. Sebab zakat produktif ini memang diperuntukkan bagi pelaku usaha ultra mikro.

"Nanti juga akan berseiring dengan bantuan sosial untuk nelayan yang bentuknya top up dari kartu yang dari kementerian KKP," ujarnya.

Beberapa program yang sudah diturunkan tersebut, lanjut Khofifah, di antaranya adalah bantuan sosial untuk nelayan, bantuan sosial untuk penyandang disabilitas, 100 persen bebas pajak bagi angkot dan ojol.

Untuk nelayan masih kita lakukan verifikasi ulang karena ada yang sudah mendapat support dari kementerian KKP. Nah, yang belum itulah yang akan kita sisir untuk mendapatkan support dari Pemprov, dan tentunya disokong oleh program lain dari Pemkab. Kita juga punya top up token satu setengah tahun kepada 3200 lebih yang menerima sambungan listrik tapi masih menunggu P-APBD," jelasnya.

Kehadiran Khofifah di Pasar Ikan Lamongan mendapat sambutan antusias dari para pedagang ikan yang kebanyakan ibu-ibu itu. Tak jarang Khofifah juga mendapat ajakan untuk berswafoto dari para pedagang tersebut.

Selain membagikan zakat produktif, Khofifah juga berbelanja ikan yang ada di Pasar Ikan Lamongan dan mendengar keluh kesah pedagang pasar. Usai dari Pasar Ikan Lamongan, Khofifah melanjutkan acaranya di Ponpes Tarbiyatut Tholabah Paciran, Kecamatan Paciran.
(red.dn)



© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini