Breaking News

Dihimbau Lebih Hati-hati Karena Kondisi Jalan Raya Kawedanan Lembeyan Magetan Aspalnya Berlubang dan Hancur


Magetan, reporter.com –  Jalan yang jadi penghubung antar kabupaten yaitu Jalan Raya Kawedanan Lembeyan Magetan, Jawa Timur kini kondisinya berlubang, aspalnya hancur dan sudah rusak parah sejak dua tahun terakhir. Jika tak berhati-hati saat melintas, bisa terjatuh. Karena sudah banyak pengguna jalan yang sempat terjatuh.

Menurut Suparmin (62) warga Lembeyan, “Rusak sudah bertahun tahun dibiarkan. Hanya disemir saja sehingga tidak awet. Habis disemir sebulan rusak lagi. Magetan sisi sini seperti dianak tirikan padahal jalur vital dan akses ekonomi antar kecamatan antar Kabupaten,” katanya, Selasa (20/09/2022). 

Suparmin juga menambahka, bahwa kondisi jalan yang berlubang dan aspal hancur itu sudah ada sekitar dua tahun. Belum ada perbaikan yang benar-benar memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Seperti kondisi pada jalan yang melintasi Desa Pupus Kecamatan Lembeyan, konturnya menanjak sehingga pengguna jalan dari atas tidak melihat adanya lubang sehingga celaka.

Terutama pada malam hari kondisinya minim penerangan sehingga banyak pengguna yang terperosok akibat tidak mengetahui adanya lubang atau aspal yang rusak. “Malam tadi pemotor sampai masuk puskesmas akibat terjatuh di sini. Belum mobil yang patah gardan akibat tersangkut,” ungkapnya. Suparmin kerap menolong pengendara yang celaka, terperosok hingga tejatuh. 

Kabid Bina Marga DPUPR Magetan Didik Budiman meluruskan terkait jalan yang rusak di ruas Kawedanan Lembeyan. Pihaknya bertutur bahwa untuk perbaikan sebelumnya terkendala anggaran yang minim akibat refocusing, utamanya tahun kemarin. Namun tahun ini bakal diperbaiki usai ada perubahan anggaran keuangan (PAK) atau perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (P-APBD) 2022.

“Kami akan lakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak Lembeyan – Kawedanan. Namun tidak semua terealisasi karena keterbatasan anggaran. Untuk perempatan Lembeyan hingga depan SMP 1 Lembeyan akan kita hot mix sedang sisanya kita beton. Untuk jalan Lembeyan – Pupus yang saat ini terdampak paling parah, anggaran perbaikan sudah dianggarkan pada PAK tahun ini. Tinggal tunggu waktunya saja,” kata Didik, Selasa (20/9/2022).

Namun, DPUPR Magetan tak menjanjikan semua jalan rusak bisa diperbaiki tahun ini. Pihaknya masih terkendala anggaran, perbaikan lanjutan dilakukan tahun depan. Pihaknya bakal terfokus pada jalan dengan kerusakan parah yakni di Lembeyan dan Pupus. (red.hr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini