Breaking News

ANBK Siswa Kota Blitar Mengalami Gangguan Dari Server Pusat



Blitar, reporter.com - Ratusan siswa SMP di Kota Blitar mengikuti asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) hari ini. Pelaksanaan ANBK sempat mengalami gangguan (trouble) pada server pusat.

ANBK merupakan bentuk penilaian program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses input dan output pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

Beberapa SMP di Kota Blitar mengikuti ANBK pada sesi pertama. Yakni peserta mulai mengerjakan soal pada pukul 07.30 WIB sampai dengan 09.30 WIB. ANBK berjalan lancar, namun sekitar pukul 08.57 WIB terjadi gangguan masif. Sehingga, siswa terkendala saat mengerjakan soal.

"Dari awal setelah dimulai tadi lancar semuanya untuk pelaksanaan ANBK. Siswa atau peserta ANBK juga hadir semua. Tapi ada trouble sekitar pukul 08.57 WIB," ujar Kepala SMPN 7 Kota Blitar, Murdijanto kepada wartawan, Rabu (21/9/2022).

Murdijanto mengatakan peserta ANBK sempat mengalami kendala saat mengerjakan soal. Itu karena terjadi gangguan masif pada server pusat. Meski harus menunggu beberapa server kembali normal, jawaban peserta ANBK sudah tersimpan otomatis.

Terkait peserta ANBK, lanjut Murdijanto, ada sekitar 45 siswa kelas VII yang dipilih secara acak oleh Kemdikbud. Sementara saat pelaksanaan ANBK peserta dibagi menjadi 15 siswa untuk setiap laboratorium komputer.

"Kemudian kami juga siapkan tiga teknisi dan genset untuk antisipasi apabila terjadi pemadaman listrik dan sebagainya," terangnya.

Sementara Kepala Disdik Kota Blitar, Samsul Hadi menjelaskan, ANBK bukan bagian dari penilaian kelulusan siswa. Namun ada tiga hal yang dinilai dalam ANBK yakni, terkait literasi numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

"Ini nanti untuk rapor satuan pendidikan, sebagai bahan evaluasi. Untuk perbaikan dan pembenahan satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu," pungkasnya.

Diketahui, sesuai dengan jadwal Kemdikbud pelaksanaan ANBK jenjang SMP dimulai pada Senin (19/9/2022). Namun, siswa SMP di Kota Blitar melaksanakan ANBK hari ini dan besok. Sedangkan, peserta ANBK terdiri dari 45 siswa kelas VII.(red.dn)




© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini