Breaking News

Rapat PDIP dan Himpsi Rencanakan Psikotes untuk Seluruh Calon Anggota Legislatif

 


Jakarta, reporter.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini menggelar rapat dengan Himpunan Ahli Psikologi Indonesia (Himpsi) terkait rencana psikotes terhadap seluruh calon anggota legislatif dari tingkat kabupaten kota, provinsi dan DPR RI.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kerja sama dengan Himpsi itu termasuk dalam menetapkan kriteria untuk mencari calon Legislatif yang terbaik. Meskipun disebutnya Himpsi tidak mempunyai instrumen untuk melihat apakah ketika calon terpilih ada kecendrungan melakukan korupsi atau tidak. “Karena itulah setiap bakal calon wajib mengikuti kursus anti korupsi yang diadakan secara daring oleh KPK,” ujar Hasto, Kamis (25/8/2022). 

Dia memaparkan PDIP di dalam rekrutment calon Legislatif terbuka dengan melakukan rekrutment secara aktif dengan melakukan pemetaan politik, dan komunikasi. PDIP melihat peta politik di tiap daerah, misalnya berdasarkan peta sosial politik sehingga secara aktif melakukan rekrutment.

“Partai secara aktif melakukan pemetaan politik. Melihat tokoh-tokoh profesional, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, budayawan, peneliti, aparat birokrasi, Purnawirawan TNI/Polri dan lainnya. Tokoh budaya juga penting, mengingat Indonesia yang berkepribadian kebudayaan itu memerlukan suatu simbolisasi tokoh untuk menjadi calon Legislatif,” ujar Hasto. 

Doktor Ilmu Pertahanan itu menambahkan melalui Sekolah Partai, PDIP saat ini mengadakan kursus politik pendahuluan sehingga bisa diidentifikasi untuk menambah data-data psikotes dengan data partai di awal di dalam melihat kapasitas calon terhadap pemahaman ideologi Pancasila, sejarah perjuangan bangsa dan sistem politik Indonesia hingga aspek-aspek elektoral terkait dengan strategi pemenangan Pemilu dengan cara gotong royong.

“PDI Perjuangan memiliki badan saksi pemilu nasional yang bersifat tetap dan satu-satunya Partai yang memiliki badan saksi yang permanen. Melalui Sekolah Partai, kami sudah melakukan tiga kali pelatihan TOT saksi, dan di Sekolah Partai itulah seluruh calon-calon kami latih,” kata Hasto. (red.hr)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini