Breaking News

Khitanan Massal KAHMI Sumenep Dalam Rangka Peringati HUT ke - 77 RI

 

    Sumenep, reporter.com – Ada beragam cara yang dilakukan untuk memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Salah satunya, aksi sosial berupa khitanan massal yang digagas Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Timur Daya, Kabupaten Sumenep.

KAHMI Timur Daya meliputi empat kecamatan di Sumenep, yakni Batang Batang, Dungkek, Gapura, dan Batuputih.

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Eks Kawedanan Batang Batang itu merupakan kerja sama KAHMI Timur Daya dengan UPT Puskesmas Batang Batang dan Puskesmas Legung.

“Ini salah satu cara kami untuk merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia. Kami ingin mengisi hari kemerdekaan ini dengan berbagi pada sesama berupa khitanan gratis,” kata Koordinator KAHMI Timur Daya Sumenep, Sawawi, Rabu (17/08/2022).

Puluhan anak yang menjadi peserta khitanan gratis itu ditangani secara bergiliran oleh empat tim nakes dari UPT Puskesmas Batang Batang dan Puskesmas Legung. Di lokasi yang sama, dilaksanakan pula dongeng budaya dengan menghadirkan pendongeng nasional, Avan Fathurrahman.

Dongeng budaya itu selain diikuti puluhan siswa sekolah dasar terdekat, para peserta khitanan gratis juga mengikuti pembacaan dongeng itu agar mereka terhibur dan lebih tenang ketika mau dikhitan.

Keceriaan dan keriuhan anak-anak pun pecah ketika dongeng budaya tersebut diselingi game-game seru dengan doorprize menarik.

“Khitanan gratis dan kegiatan bermanfaat lainnya, seperti santunan bagi anak yatim piatu dan anak-anak kurang beruntung, kami lakukan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kami kepada publik,” ujar Sawawi. (red.mrhs)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini