Breaking News

Salawat Bareng Matan, Emil: Jawa Timur Oase Nilai Kebangsaan Indonesia

 

Surabaya, reporter.com – Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak bersalawat bersama Mahasiswa Ahlith Thariqah al Mu’tabarah an Nahdliyyah (MATAN) serta Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dalam rangka pelantikan pengurus wilayah MATAN Jawa Timur.

Pelantikan tersebut beriring dengan pelantikan pengurus majelis Az Zahir Jawa Timur dan Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia) Surabaya yang dilaksanakan di Islamic Center Surabaya.

Salawat yang mengangkat tema ‘ngerumat jagat nganggo salawat’ membawa pesan kebangsaan sesuai cita-cita organisasi yang dibina langsung oleh Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya itu.

Pada kesempatan itu, Emil menjelaskan Jawa Timur ini adalah oase kebangsaan Indonesia. “Jawa Timur selalu kita bersama gelorakan sebagai oase untuk menjaga nilai-nilai kebangsaan kita, di sinilah revolusi jihad yang tidak lepas dari peran santri. Kemudian, revolusi jihad ini menjadi rangkaian perjuangan yang setiap tahunnya kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” jelasnya.

Pembangunan yang dilakukan pemerintah Jawa Timur tidak hanya sekadar pembangunan fisik saja, melainkan pembangunan qolbu dan jiwa masyarakatnya. “Jawa timur tidak hanya hidup dari pembangunan jalan dan gedung tetapi pembangunan qolbu dan jiwa kita serta menjaga kebersamaan dalam bingkai kebangsaan Indonesia,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Emil mengajak pemuda dan pemudi Jawa Timur menjadi bagian dari sejarah dalam menjaga keberlangsungan tanah air Indonesia. “Mudah-mudahan sejarah akan mencatat, saya ulangi sekali lagi semoga sejarah mencatat segenap pemuda dan pemudi siap menjadi bagian dari sejarah dalam menjaga keberlangsungan tanah air Indonesia yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Turut hadir Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, Gus Ahmad Mifatahul Haque (cucu dari KH Sholeh Qosim) selaku ketua PW Matan Jawa Timur yang dilantik beserta pengurus lainnya.

“Melalui Matan dan Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya senantiasa menyebarkan semua nilai-nilai keagamaaan kita. Salah satunya yang penting adalah mewujudkan rasa cinta tanah air Indonesia. Kami mewakil Ibu Gubernur, atas nama Pemprov Jawa Timur menghaturkan terima kasih,” pungkasnya.(red.Ad)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini