Breaking News

Pihak Perhutani Gunung Lawu, Peringatkan Pendaki Soal Suhu -6 Dan Di Anjurkan Untuk Memakai Pakaian Hangat.



Magetan, reporter.com – Suhu di Puncak Gunung Lawu dalam beberapa terakhir tercatat antara 6 hingga -6 derajat Celcius. Para pendaki diingatkan selalu waspada.

Komandan Regu Pengamanan KPH Lawu Ds-Perhutani, Setyo Margono mengingatkan saat ini sedang terjadi cuaca ekstrem. Terlebih, suhu udara yang sangat dingin.

“Di momen Muharram ini biasanya masih banyak pendaki wisata maupun ritual. Semuanya kami wajibkan untuk menjaga diri dari suhu ekstrem sehingga tidak sampai hipotermia,” kata Setyo, Sabtu (30/7/2022).

Setyo meminta para pendaki untuk membawa perlengkapan penghangat diri saat naik ke Puncak Lawu. Seperti sleeping bag dan pakaian tebal.

Dia juga mengingatkan agar para pendaki tidak memakai celana jeans. Sebab, bahan celana jeans dapat membuat tubuh semakin kedinginan.

“Minimal, membawa perlengkapan berupa sleeping bag, maupun membawa baju hangat. Diminta untuk tidak memakai bahan jeans karena sifatnya berat dan dingin,” kata Setyo, Sabtu (30/7/2022).

Selain itu, dia juga mengimbau agar para pendaki membawa obat-obatan sesuai kebutuhan. Mencukupi nutrisi dan mempertahankan suhu tubuh.

Meski cuaca cerah, suhu yang dingin bisa membuat pendaki harus waspada.

“Jika memang kondisi sudah darurat, segera hubungi petugas. Untuk momen Malam 1 Suro ini kami siagakan 120 personel gabungan,” pungkasnya.(red.Ad)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini