Breaking News

Bus Alami Gangguan Pengereman Saat Turunan, Bus Pariwisata Asal Semarang Itu Menabrak Tebing di Sarangan Magetan.

 

Magetan, reporter.com – Perjalanan wisata warga Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, untuk menuju Telaga Sarangan terpaksa tersendat. Bus pariwisata yang mereka tumpangi menabrak tebing di Jalan Tembus Sarangan Cemoro Sewu, Kelurahan Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022).

Beruntung tak ada korban jiwa maupun yang terluka dalam kejadian itu. Bus bernopol H 7019 OB itu dikemudikan oleh Suwartono (47) warga Desa Gumukrejo Kecamatan Tingkir Salatiga. Dalam bus berkelir merah muda dan hitam itu membawa 35 orang penumpang. Para penumpang pun kaget usai bus menabrak tebing di turunan Mojosemi itu.

Menurut Suwartono sang sopir, sejak di Tawangmangu Jawa Tengah bus sudah mengalami kendala pengereman. Dia sempat ragu untuk melintasi kawasan Jalan Tembus, namun akhirnya, apa yang dia khawatirkan terjadi. Sampai di jalan tembus Sarangan busnya tak bisa direm, akhirnya dia banting kanan dan menabrakkan bus ke tebing agar bisa berhenti.

“Pada saat di jalan menanjak Tawangmangu Jawa Tengah sebenarnya rem sedikit ada kerusakan. Sempat berhenti untuk membetulkan, sebelum akhirnya meneruskan perjalanan. Nah, saat di sini sempat pindah gigi dari 3 ke 2, rem sudah tidak berfungsi,” kata Suwartono, Minggu (17/7/2022).

Sebagai pengemudi dia mengaku panik saat rem tak berfungsi. Dia pun berpikir jika tak banting kanan maka akan menabrak pengendara di depannya. Sehingga justru akan timbul banyak korban. “Saya panik, bila jalan terus pasti pengendara di depan ketabrak. Inisiatif satu-satunya cara ya saya tabrakan tebing ini. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, 35 penumpang selamat,” ungkapnya.

Bukan pertama kali bagi Suwartono melintasi Jalan Tembus Cemoro Sewu Sarangan. Dia sering mengantar rombongan wisatawan ke telaga Sarangan, namun kali ini apes, busnya celaka. Peristiwa kecelakan lalu lintas tunggal ini sedang ditangani Unit Gakkum Polres Magetan. Saat ini bus masih proses evakuasi menggunakan derek.(red.Ad)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini