R.Gani Muhammad Terima Peserta PKA Dan PKP Laksanakan Studi Lapangan Di Pemkab Sukabumi

Header Menu

R.Gani Muhammad Terima Peserta PKA Dan PKP Laksanakan Studi Lapangan Di Pemkab Sukabumi

Rabu, 07 Oktober 2020
Loading...


 Reporterweb | Sukabumi,-Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA)  angkatan III dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP)  angkatan III dan IV dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia  (PPSDM) Kemendagri Regional Bandung melaksanakan kegiatan sejak 5 s/d 9 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut dalam bentuk studi lapangan kinerja organisasi dan pelayanan publik di Beberapa Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Sukabumi

Para peserta yang berjumlah 97 orang  diterima langsung Pjs Bupati Sukabumi R Gani Muhamad di Hotel Anugrah  Sukabumi, Selasa (6/10/20)

Ke 97 peserta terdiri dari 32 orang peserta PKA angkatan III, 30 PKP angkatan III, dan 35 PKP angkatan IV. 

"Kami telah menghadirkan para narasumber dari dinas kesehatan, DPMPTSP, dan Kecamatan Kebonpedes. Lewat narasumber ini, para peserta bisa mendapatkan data dan informasi yang diperlukan," Kata R. Gani Muhammad dalam sambutannya.

Selain itu, Menurutnya pelatihan ini bisa memberikan pembaruan mindset dam culture set yang dapat menopang reformasi birokrasi. 

"Sejatinya seorang pemimpin, khususnya di bidang pemerintahan harus memiliki kapasitas dalam membawa perubahan bagi birokrasi Indonesia," tambahnya.

Dirinya berpesan, seluruh peserta pelatihan bisa meningkatkan wajah pelayanan publik di Indonesia. Sehingga lebih inovatif, terlebih di tengah pandemi covid 19. 

"Saya meyakini salah satu kunci sukses kepemimpinan ialah terus berinovasi. Pemimpin harus kreatif dalam melahirkan ide baru. Tentu saja untuk menembus segala keterbatasan daerah. Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan kegiatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung  H. Yudia Ramli mengatakan, Kabupaten Sukabumi memiliki keunggulan strategis inovasi dan manajemen kinerja dalam pelayanan publik. Sehingga dipilihlah sebagai lokus studi lapangan.

"Lewat keunggulan ini, bisa menjadi inspirasi bagi peserta yang bisa diadopsi. Sehingga bisa diimplementasikan di daerah asalnya," bebernya

Para peserta studi lapangan ini merupakan pejabat administrator dan pengawas di satuan kerja pemda. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Terima kasih pak Pjs. Bupati Sukabumi yang telah menerima langsung kehadiran kami," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, ditayangkan  video selayang pandang Kabupaten Sukabumi. Selain itu, para peserta studi banding memberikan bantuan melalui PPSDM Kemendagri Regional Bandung Peduli untuk penanggulangan bencana banjir bandang di Kabupaten Sukabumi. 

Kegiatan diakhiri dengan bertukar cinderamata antara Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhamad dengan Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung  H. Yudia Ramli.


( Dina Tajryiani )