Dampak Wabah Covid-19 Di Kalangan Masyarakat Desa Ciderum

Header Menu

Dampak Wabah Covid-19 Di Kalangan Masyarakat Desa Ciderum

Jumat, 04 September 2020
Loading...

Reporterweb | Bogor,-Dampak Wabah Pandemik Covid-19 Di Kalangan Masyarakat Desa Ciderum Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Akibat mewabahnya pandemik Covid-19, perubahan secara tiba-tiba terjadi dalam keseharian individu dan aktivitas masyarakat yang membawa dampak perubahan luar biasa untuk semua bidang, salah satunya bidang pendidikan. Tak kurang dari 7,5 juta mahasiswa dan hampir 45 juta pelajar sekolah dasar dan menengah dipaksa untuk melakukan pembelajaran dari rumah.

Disrupsi teknologi pun terjadi di dunia pendidikan. Pembelajaran tatap muka yang biasanya dilaksanakan 100 persen di sekolah secara tiba-tiba mengalami perubahan yang sangat drastis. Tak bisa dipungkiri di atas 50 persen pelajar dan mahasiswa yang berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah mengalami tekanan secara psikologis.

Data kemiskinan sebelum pandemi dan setelah masa pandemi otomatis mengalami peningkatan. Ini salah satu contoh realita yang terjadi di dunia pendidikan, SDN Teluk Pinang 02 yang beralamat di Jalan Mayjen H.E Sukma Desa Ciderum Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Jawa barat. Gedung sekolah terlihat sepi, padahal sebelumnya sekolah ini boleh di bilang salah satu sekolah favorit warga sekitar, dengan jumlah siswa yang begitu banyak.

Biasanya di jam masuk sekolah seperti saat ini, siswa begitu ramai memenuhi semua ruangan kelas. Namun kini gedung sekolah terlihat sepi, berubah menjadi tempat yang tak berpenghuni, yang ada hanya beberapa orang guru yang sedang memberikan pelajaran secara daring ke masing masing siswanya.

Hal seperti ini sudah berlangsung kurang lebih selama empat bulan. Akibatnya para guru pun mulai mengalami kejenuhan yang di karenakan tidak ada lagi keriuhan dan gelak tawa para siswa yang
menjadi salah satu momen penyemangat dalam memajukan dunia pendidikan.

Dari Desa Ciderum Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, Jawa barat.

( Bohi )