Roup Pelaku UMKM Usaha Telor Puyuh Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

Header Menu

Roup Pelaku UMKM Usaha Telor Puyuh Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

Senin, 17 Agustus 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Di masa pademi Corona yang terjadi , banyak sekali usaha yang jatuh dan lumpuh , ini membuat banyak kalangan masyarakat merasa kebingungan untuk menghidupi keluarga mereka.

Lain hal nya dengan salah satu warga kampung cimangkok desa cimangkok kecamatan Sukalarang kab.Sukabumi pria yang lahir di tahun 1977 dan memiliki satu putri ini , mampu mencukupi keluarga nya melalui usaha ternak burung puyuh.

Roup dengan panggilan sama , pria ini merintis usaha ternak burung puyuh yang menghasilkan telor tiap hari ,sejak tahun 2017 lalu.

"Awal nya saya juga bingung harus apa yang saya kerjakan untuk mencukupi kelurga ini, karna bagi kami bisa makan tiap hari itu sudah cukup, di awali dengan sebuah pemikiran akhir nya saya buat kandang untuk burung puyuh ini, dari satu kandang yang berisi 600 ekor dengan bentuk kandang tahap 3 ,ini saya mulai tekuni usaha ini,"ungkap Roup.senin 17/08/2020.

"Setelah saya tekuni pekerjaan tersebut , akhir nya saya dapat merasakan hasil dari usaha ini, sejak usia burung itu 40 hari ,tiap hari kita mengambil telor mereka , tentu nya ini kerjaan harus di laksanakan dengan ulet , tidak asal asalan,"jelasnya.

Saat di minta keterang tentang proses ,dari mulai pembibitan hingga bertelor roup pun menyampaikan "dari mulai bibit hingga bertelur itu kita harus tekun merawat nya, bukan hanya perawatan kandang , tapi porsi makan burung itu pun harus teratur, selain itu burung ini termasuk adalah burung penakut terhadap obrolan manusia, sehingga banyak para peternak belum mengetahui cara mengatasi nya, agar setiap orang bebas untuk masuk ke lokasi kandang,"paparnya

"Terkait usia produktif burung ini cukup lumayan lama nya, dan usia burung ini pun ada batas nya,dan ilmu untuk pemilaharaan burung ini , harus di praktekan bukan sebuah teori,"tegas nya.

"Saya berharap usaha yang sudah lama di rintis ini, kedepannya ada sentuhan dari pemerintah , dan saya pun berharap Khusus nya masyarakat cimangkok , mau berlomba dalam usaha ternak ini, agar pengangguran yang ada dapat kita bantu melalui UMKM , sehingga krisis ekonomi dapat terhindar kan,dan kebutuhan ekonomi khusus nya untuk dapur di rumah kita dapat terhindar dari dampak ini,"Pungkasnya.


( Rd)