Lestarikan budaya H.Marwan Apresiasi Askar Pasundan

Header Menu

Lestarikan budaya H.Marwan Apresiasi Askar Pasundan

Senin, 31 Agustus 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menghadiri milangkala Paguyuban Ajakan Silaturahmi Kaum Remaja (Askar) Pasundan ke 2, yang digelar di Desa Selawangi Kec. Sukaraja. Sabtu (29/8/2020).

Acara dimeriahkan dengan prosesi penyambutan dengan menampilkan tarian tradisional dan lengser.

Paguyuban Askar Pasundan telah memiliki 832 anggota yang tersebar di 15 Kecamatan. Hingga saat ini, paguyuban tersebut terus berkiprah dan menargetkan tersebar di 47 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi

Pembina Paguyuban Askar Pasundan Irjen Pol (Purn) H. Anton Charliyan menyebutkan banyak prestasi yang diraih kelompok sosial yang dibinanya itu. Bahkan dalam kurun waktu dua tahun sudah berhasil membangun belasan rutilahu.

"Ke depan, Askar harus lebih eksis dan bermanfaat bagi masyarakat. bergerak dalam budaya dan sosial sebagai nilai nilai universal yang harus dilestarikan," terangnya.

Dalam sambutannya, H. Marwan Hamami mengapresiasi milad Paguyuban Askar Pasundan. Apalagi di usia ke dua tahun, paguyuban tersebut sudah berkembang pesat.

"Bisa tersebar di 15 kecamatan dalam dua tahun sungguh luar biasa. Apalagi dengan mengedepankan unsur budayanya," ujarnya.

Budaya, Tambah Bupati, menjadi daya tarik sektor pariwisata, karena itu bukan saja menjadi ciri satu daerah, budaya perlu dilestarikan untuk mendukung pengembangan pariwisata kedepan," ucapnya.

Hal itu terbukti di Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang menggabungkan potensi pariwisata dan budaya. Bahkan, di sana ada kampung adat yang sangat menonjolkan kebudayaan.

"Ada Ciptamulya, Sinaresmi, dan Ciptagelar," ungkapnya.

Tak hanya itu,  H. Marwan pun mengapresiasi warga Kecamatan Sukaraja yang antusias melestarikan kebudayaan. Seperti halnya pencaksilat dan karawitan.

"Perlu kebersamaan dalam memelihara kebudayaan di tengah perkembangan zaman. Bersyukur di Sukaraja anaknya antusias belajar kebudayaan," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi penyebaran covid 19.

"mari bersama sama mencegah penyebaran virus covid 19. salah satu ikhtiarnya dengan menerapkan protokol kesehatan, semoga covid bisa cepat berlalu," pungkasnya.

Disaksikan hadirin, H. Marwan menerima cinderamata dari Paguyuban Askar Pasundan.

Selanjutnya, H. Marwan penyerahkan piagam penghargaan kepada pelatih pencaksilat. serta memberikan bantuan sembako sebanyak 50 paket untuk yatim piatu dan jompo.

( Nur Ahmad Dendi )