70 UMKM Unjuk Produk Di Festival Bupati " Solusi Ekonomi DiTengah Pendemi

Header Menu

70 UMKM Unjuk Produk Di Festival Bupati " Solusi Ekonomi DiTengah Pendemi

Sabtu, 29 Agustus 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Sebanyak 70 pelaku UMKM asal Sukabumi ikut memamerkan produk unggulan mereka dalam Festival UMKM Merdeka yang diselenggarakan oleh Radar Sukabumi.

Festival bertema "UMKM maju Sukabumi maju" itu dibuka  oleh H. Marwan Hamami dengan prosesi gunting pita. selain festival dilakukan juga Soft Launching Sukabumilapak. com

Dalam sambutannya H. Marwan Hamami mengatakan, kegiatan ini merupakan Solusi atas persoalan Ekonomi dan melemahnya daya beli masyarakat akibat pandemi covid 19.

"Momen ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Bupati Sukabumi, Jumat (28/8/2020)

Pemerintah Kabupaten Sukabumi sendiri, tambah Bupati, terus mendorong UMKM. Bahkan, sebelum pemerintah Provinsi dan Pusat mencanangkan berbagai Program, banyak yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Sukabumi.

"Seperti one village one product ataupun membangun dari desa, sudah dilakukan oleh Kabupaten Sukabumi," ucapnya.


Apalagi arah kebijakan dalam RPJMD Kab. Sukabumi telah diubah dari manufaktur ke pertanian dan pariwisata mengingat potensi di sektor tersebut sangat besar di Kabupaten Sukabumi.

"Pandemi covid 19 menyebabkan kemunduran ekonomi. Salah satu yang bertahan adalah negara agraris, termasuk Indonesia. Kita di Kabupaten Sukabumi sudah jauh hari mencermatinya," ungkapnya

Salah satu bukti keberhasilan dari didorongnya sektor pariwisata dan pertanian, terlihat di Selatan Kabupaten Sukabumi. Di sana, perempuan yang sebelumnya memilih jadi pahlawan devisa diluar negeri, kini berubah menjadi pelaku usaha penunjang pariwisata.

"Sekarang tersisa 20 persen yang masih bekerja di luar negeri. Sisanya memiliki home industri, homestay, dan beberapa keterampilan yang meningkatkan perekonomian. Termasuk UMKMnya terus didorong," terangnya.

Maka dari itu, Kabupaten Sukabumi memiliki Dekranasda untuk menjawab persoalan UMKM. Di mana, semua hasil UMKM dipromosikan di Dekranasda.

 "Dari sini berharap bermunculan pengusaha baru. Termasuk dari acara ini," tambahnya.

Sebelumnya General Manajer Radar Sukabumi Abdul Somad mengatakan, kegiatan yang dilakukan bersama Sukabumi Enterpreneur Association (SEA) ini, untuk membangkitkan gairah ekonomi di Sukabumi. Sebab, sebagian besar tenaga kerja terserap di sektor UMKM.

"Peran semua, sudah selaiknya memberikan perhatian lebih kepada UMKM. Sehingga ekonomi maju, masyarakat maju. Persoalan pandemi covid 19 pun, bisa dilewati bersama," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, H.Marwan Hamami menyerahkan tropy  kepada juara lomba video puisi pelajar dan bingkisan hasil pertanian untuk pelaku UMKM.

( Bohi / Jamal )