Tinjau Penghijauan Lahan Eks Tambang , Kang Emil Mendukung Pembangunan Berbasis Kawasan

Header Menu

Tinjau Penghijauan Lahan Eks Tambang , Kang Emil Mendukung Pembangunan Berbasis Kawasan

Jumat, 24 Juli 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Bupati Sukabumi. H. Marwan Hamami dampingi Gubernur Jawa Barat H. Muhammad Ridwan Kamil meninjau penghijauan lokasi bekas tambang. serta berdialog dengan jajaran  PT Solusi Bangun Indonesia dan PT UPC Renewables Indonesia di Taman Dynamix (Cibadak Educational Forest), Kabupaten Sukabumi. Jumat (24/7/2020)

Bupati Sukabumi mengapresiasi langkah PT Solusi Bangun Indonesia menghijaukan lokasi bekas tambang. mengingat selama ini, lahan-lahan bekas tambang kebanyakan dibiarkan.

"Bersyukur tempat (bekas tambang) ini bisa dimanfaatkan. Apalagi daerah ini dekat dengan kawasan hutan IPB," ungkapnya.

Penghijauan lahan bekas tambang, Tambah Bupati, bisa memberikan semangat bagi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama.

Sementara itu Gubernur Jabar mengatakan, program penghijauan pasca tambang patut menjadi rujukan. Sebab selama ini, tidak banyak yang melakukannya.

"Banyak bukti di Jabar lahan dikeruk untuk tambang, kemudian dibiarkan tanpa ada program penghijauan. Ini program penghijauan pasca tambang yang bisa menjadi contoh," ujarnya

Di area seluas 85 hektare ini, sudah dilakukan penghijauan sejak 2010 hingga saat ini. Area yang ditambang sejak 1975 tersebut sebelumnya penuh bebatuan.

"Sekarang (bebatuannya) sudah tidak kelihatan," terangnya.

Kang Emil berpesan agar kawasan tersebut memiliki nilai sosial, dan ekonomi. Sehingga bisa membawa kesejahteraan juga bagi masyarakat.

"Tahun ini harus bisa mempresentasikan terkait rencana membuat kawasan yang bernilai tambah bagi masyarakat setempat. Bisa pariwisata ataupun pertanian. Jenisnya apa, nanti bisa diputuskan. Dari tambang bisa menjadi tempat berdayaguna dan ramah lingkungan," harapnya

Dalam kegiatan tersebut terdapat penyerahan cinderamata dari PT. Solusi Bangun Indonesia kepada Gubernur Jawa Barat H. Muhammad Ridwan Kamil dan Bupati Sukabumi. H. Marwan Hamami. Selepas itu, seluruh rombongan Pemerintah Provinsi Jabar dan Kabupaten Sukabumi meninjau area bekas tambang yang dihijaukan.

( Nur Ahmad Dendi )