KIM JSS , Universitas Indonesia dan Kominfo Kab Sukabumi Gelar Bimtek Pemetaan

Header Menu

KIM JSS , Universitas Indonesia dan Kominfo Kab Sukabumi Gelar Bimtek Pemetaan

Selasa, 28 Juli 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Kelompok Informasi Masyarakat  Jelajah Sejarah Soekaboemi (KIM JSS) bekerjasama dengan Universitas Indonesia dan Diskominfosan Kab. Sukabumi selenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan peningatan SDM terkait pemetaan wilayah.

Bimtek yang dilaksanakan di Parakansalak 25 s/d 26 Juli 2020 itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Geografi, wawasan peta suatu wilayah, kondisi alam, sejarah serta memanfaatkan potensi yang ada untuk Edukasi, Ekowisata dan pemanfaatan SDA.

Peserta Bimtek terdiri dari Tim KIM JSS, tokoh masyarakat, mahasiswa, paguyuban Sari Oneng serta lintas komunitas dan unsur lainnya.

Acara dibuka dengan tampilan Seni kacapi suling dari komunitas kesenian Sunda dilanjutkan dengan materi, diskusi dan curah pendapat.

Hari kedua seluruh peserta melihat langsung ke lapangan, menelusuri bekas jalur irigasi PLTA kolonial di perkebunan Parakan salak, disertai pemaparan sejarah perkebunan mulai dari pembukaan, peristiwa yang terjadi, lokasi penting serta pengenalan  pejabat Administrateur daei awal hingga memasuki era nasionalisasi (1844- 1960)

Setelah mengikuti Bimtek, seluruh peserta diharapkan bisa  mengaplikasikan tekhnologi pemetaan terbaru untuk pengembangan potensi wilayah dan berguna untuk kelancaran Wisata, Tour &Travel serta Edukasi.


Sumber:
- Dida. Hudaya, A.P par
- Dr. Drs. Supriatna M.T
- KIM Jelajah Sejarah Soekaboemi.


( Jamaludin )