Sambut Menteri KKP,Wabup Sampaikan Hal Strategis Pendayagunaan Sektor Kelautan

Header Menu

Sambut Menteri KKP,Wabup Sampaikan Hal Strategis Pendayagunaan Sektor Kelautan

Jumat, 19 Juni 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo beserta jajaran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi yang diterima oleh Wakil Bupati Sukabumi H.Adjo Sardjono beserta Wakil Gubernur Jawabarat H. UU Ruzhanul Ulum di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu. Kamis (18/6)

Menteri KKP pada sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungannya ini untuk silaturahmi dengan para nelayan di Kabupaten Sukabumi dan untuk meninjau Pelabuhan dermaga perahu yang ada di Palabuhanratu.

"Kedatangan Saya beserta jajaran kementerian KKP yaitu ingin melihat langsung sektor perikanan tangkap di wilayah selatan khususnya di Palabuhanratu dan juga untuk berjumpa dengan para nelayan," Ungkapnya.

Menteri pun meminta kepada masyarakat agar bersama-sama untuk menjaga kelestarian laut dan jangan dimanfaatkan untuk hal-hal yang merugikan bagi keberlangsungan ekosistem laut.

" Potensi perikanan dikawasan laut Palabuhanratu sangat melimpah seperti banyaknya ikan tuna dan ikan lainnya, saya minta tolong agar bersama-sama jaga laut kita," Jelasnya.

Sementara itu Wabup mengapresiasi kunjungan Menteri ke Kabupaten Sukabumi dan menjelaskan bahwa pemerintah daerah  terus berupaya mendorong para nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan laut.

" Kami sangat bersyukur atas kedatangan bapak Menteri ke Kab. Sukabumi dalam rangka meninjau langsung pelabuhan perikanan nusantara di Pelalabuhanratu dan Pemerintah daerah melalui Dinas kelautan dan perikanan terus berupaya mendorong agar hasil tangkapan ikan laut yang dilakukan oleh nelayan terus meningkat dengan beberapa program yang telah kami buat," Jelasnya.

Wabup berharap dengan kedatangan Menteri KKP ke Palabuhanratu bisa melanjutkan program pembangunan dermaga yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi juga pengembangan PPN Palabuhanratu.

" Kami berharap Menteri KKP bisa langsung melihat dan menyerap secara langsung berbagai informasi aktual pelaksanaan pembangunan bidang kelautan dan perikanan di Kabupaten Sukabumi, khususnya dalam rencana pengembangan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Palabuhanratu menjadi pelabuhan perikanan samudera (PPS)," Pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatangan Simbolis PKL (Perjanjian Kerja Laut) antara ABK dan pemilik kapal yang disaksikan oleh Menteri KKP serta Penyerahan sertifikat, bantuan dan permodalan simbolis kepada nelayan yaitu :

1. Bantuan Bakti Nelayan
2. Sertifikasi Hak Atas Tanah (SeHAT) Nelayan
3. Permodalan LPMUKP
4. Permodalan Perbankan
5. Pemodalan Pegadaian
6. Klaim asuransi kematian BPJS
7. SKPI (Sertifikat Keterampilan Penanganan Ikan)
8. Sertifikat CPIB (Cara Penanganan Ikan yg Baik)
9. Kartu Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan


( Apih )