Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Gelar Sosialisasi Sekaligus Perkenalkan BIOS 44 Kepada Masyarakat

Header Menu

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Gelar Sosialisasi Sekaligus Perkenalkan BIOS 44 Kepada Masyarakat

Jumat, 19 Juni 2020
Loading...

Reporterweb | Kab. Bandung,-
Dengan menggunakan Physical Distancing, Satgas Citarum Harum Sektor 7 kembali melaksanakan sosialisasi lanjutan Citarum Harum di Aula Desa Rancamanyar Kec. Baleendah Kab. Bandung, Jum'at (19/6/2020).

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, 100 peserta yang hadir langsung mendapatkan paparan dari Dansektor 7 Kolonel Kav Purwadi tentang Citarum harum dari awal hingga saat ini.

Sebagai Wadansatgas  Bidang pemulihan ekosistem, Pangdam III/Siliwangi memerintahkan kepada anggotanya untuk membenahi aliran sungai Citarum yang sudah kotor dan bau untuk kembali dinormalkan.

Dalam paparannya, Kolonel Kav Purwadi menyampaikan kembali progres Satgas Citarum Harum selama bertugas menata aliran dan bantaran sungai, serta apa saja yang sudah dibangun mulai dari TPS3R, Ipal Komunal Domestik, Penyulingan air dan masih banyak lagi, itu tersebar di beberapa Desa dan Kelurahan yang berada di wilayah sektor 7.

" Bahkan untuk mendukung program TNI dalam hal ketahanan pangan, kami sedang membangun Demplot Pertanian dan perikanan serta pembibitan di Taman Sangkuriang, tempat itu nanti akan dibuat sebagai kawasan edukasi, silahkan warga hadir dan boleh belajar tentang pertanian disana," ujar Dansektor 7.

Pada kesempatan tersebut, Dansektor 7 memperkenalkan BIOS 44 kepada masyarakat dan ia katakan, " di Demplot juga ada permentasi BIOS 44 yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan kondisi tanah yang kering dan kurang, apabila ada warga yang membutuhkan untuk menyuburkan tanah bisa langsung datang ke lokasi sambil bawa jerigen atau tempat lainya," ucap Kolonel Kav Purwadi.

Menurut Dansektor 7, " sepanjang aliran sungai Citarum berikut dengan bantarannya akan dijadikan tempat wisata dengan beberapa pusat kuliner di bantaran, selain itu juga akan dibuatkan dermaga tempat singgah perahu untuk wisata air.

" Saya berharap dukungan warga akan perubahan sungai Citarum, selaras dengan perilaku bersih warga dalam keseharian, mari kita jadikan Rancamanyar ini menjadi daerah bebas sampah, apalagi sekarang menjelang diberlakukannya fase New Normal," tandas Kolonel Kav Purwadi.

Senada dengan Dansektor 7, Kepala Desa Rancamanyar Dani Ramdhani menyampaikan bahwa dirinya menyambut dengan baik bahwa aliran Citarum yang berada di wilayah nya akan dijadikan kawasan wisata air.

" Hal itu selaras dengan program kami yang akan menjadikan wilayah Rancamanyar sebagai kawasan Emas," tuturnya.

Sosialisasi lanjutan Citarum diisi dengan tanya jawab, beberapa warga dari unsur Karang Taruna, pengurus RT dan RW juga ibu kader turut memberikan tanggapan dan pertanyaan seputar rencana aksi satgas.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI Desa Rancamanyar serta dilanjutkan dengan pemberian bahan kontak kepada peserta yang hadir. (Pendam III/Siliwangi).

( Team Iwo /Hendri )