Disbudpora Himbau Lestarikan Budaya Sunda

Header Menu

Disbudpora Himbau Lestarikan Budaya Sunda

Rabu, 15 April 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Budaya sunda adalah budaya yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat sunda, budaya sunda sangat menjungjung tinggi sopan santun. Pada umumnya masyarakat sunda itu periang,ramah-tamah lemah lembut dan menghormati orang tua. Dalam pendidikan ntuk menuju sesuatu yang di cita-citakan ada etos dan watak sundanya yaitu cageur,bageur,singeur tur pinter yang berarti sehat,baik mawas dan cerdas.

Hal itu dikata kan TOTO SUGIARTO  sebagai kepala seksi kesenian dinas kebudayaan dan olah raga kabupaten sukabumi, "Sebagai orang sunda saya merasa bangga dengan kebudayaan sunda dan kita harus tetap melestarikan budaya sunda angan sampai budaya sunda terkalahkan oleh kebudayaan luar. karena Budaya sunda memiliki kesenian yang sangat banyak yang di antaranya seni tari jaipong, wayang golek, permainan anak-anak seperti perepet jengkol dan enggrang. Alat musik tradisional khas sunda yaitu: kecapi, suling, angklung, calung dan goong. kesenian sunda ,"ungkapnya,Rabu 14/04/2020.

Toto menambah kan seperti hal nya pencak silat dikenal memiliki aneka budaya yang unik menarik


"pencak silat adalah salah satu seni budaya yang terkenal dari daerah ini dan sudan bisa mengharum daerah kabupaten sukabumi telah maraih juara nasional,"papar Toto Sugiato ,

Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia.

"Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional. Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada didalamnya,"Pungkas Toto sugiato S menyampaikan hal tersebut di ruang kantor di saksikan Kabid Budaya Yanti

 ( igun )