Anyaman Dari Bahan Kertas DiGelar Lewat FLS2N Tingkat Kecamatan Kalapa Nunggal

Header Menu

Anyaman Dari Bahan Kertas DiGelar Lewat FLS2N Tingkat Kecamatan Kalapa Nunggal

Sabtu, 07 Maret 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-adakan kegiatan Seleksi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SD tahun 2020 mulai dilaksanakan untuk tingkat kecamatan Kalapanunggal ,kabupaten Sukabumi Jawa barat.Sabtu (07/03).

Dari pantauan reporterweb , para peserta di tiap tiap sekolah dasar tingkat kecamatan Kalapa nunggal , sudah bersiap sejak pukul 07.00 WIB dengan  bidang lomba yang diperlombakan. Selain guru, beberapa orang tua juga mendampingi anak mereka saat mempersiapkan diri sebelum tampil di depan para juri.

"Untuk pelaksanaan kegiatan yang di laksanakan satu hari , yang melakukan seleksi adalah SD yang berada di Kecamatan Kalapa nunggal  Kabupaten Sukabumi jawa barat. Bidang lomba seni tarian tradisonal , nyanyian tunggal,kerajinan Anyaman  ,dan menggambar,"ungkap Tatang Pengawas SD Wilayah III.

Menurutnya Tatang selaku Pengawas Tingkat SD wilayah III , kegiatan seperti ini menjadi ajang untuk mengenali, mengetahui, dan menggali potensi yang dimiliki oleh siswa,serta menerapkan rasa cinta kepada Tanah Air.

"Tidak hanya di bidang akademik saja, di bidang non akademik seperti kesenian, jika ditekuni dan dijalani dengan sungguh-sungguh juga bisa menjadi seniman yang profesional,"jelasnya.

"Selain menjadi ajang penggalian bakat siswa, mengikuti ajang seperti ini juga melatih mental siswa. Kreapitas siswa Dari ajang perlombaan, siswa juga memperoleh pelajaran bagaimana harus bersabar, saling menghargai antarpeserta lainnya, dan pantang menyerah sebelum melakukan kegiatan. Terlebih lagi, nilai agama, sosial serta pelajaran budi pekerti, juga diperoleh siswa.dan cinta tanah air," tutur tatang.

"Salah satu bidang Yang akan menjadi sumeber penghasilan kedepan nya setelah lulus sekolah adalah keterampilan Anyaman , saat ini mereka berkarya menganyam dari kertas kertas bekas seprti bekas koran dan kalender , lalu mereka tata menjadi sebuah bentuk anyaman namapak sudah mulai terlihat bakat bakat nya, mereka anak anak kelas V SD sudah menggali potensi diri sendiri, setelah mereka nanti lulus sekolah di jenjang atas mereka pasti punya potensi sendiri dengan karya nya, dan ini dapat di kembangkan sehingga menjadi nilai jual yang tinggi kedepan nya, dan tentu nya akan membantu segi ekonomi di masa depan nanti," pungkas nya sambil menunjukan salah satu karya anyam hasil siswa yang dalam waktu 5 jam saja dapat selesai .
( Jamal )