Tim Gabungan Tutup Ratusan Lubang Emas Ilegal Blok Gunung Peti di Cisolok

Header Menu

Tim Gabungan Tutup Ratusan Lubang Emas Ilegal Blok Gunung Peti di Cisolok

Kamis, 06 Februari 2020
Loading...


Reporterweb | Sukabumi,-ratusan personil gabungan dari unsur Polres Sukabumi, TNI Kodim 0622 Sukabumi, Polhut Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Dinas atau Instansi terkait serta  unsur masyarakat melaksanakan apel dalam rangka penutupan Lokasi atau lubang emas tanpa izin alias ilegal, Apel tersebut Berlangsung di lapang Cipanengah Desa Cikelat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa barat. Kamis (06/02/20).

Ditengah turunnya hujan kegiatan apel terus berlanjut dan dipimpin langsung oleh  Kapolres Sukabumi Akbp Nuredy Irwansyah Putra, SH, SIK, MH.

Kali ini yang menjadi sasaran wilayah operasi yaitu lokasi para penambang emas liar yang  berada di kawasan taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Kecamatan Cisolok.

Sesuai dengan target operasi ada 7 sasaran wilayah blok penambangan emas tanpa izin yaitu blok Cibangkonol sebanyak 7 lubang, blok Cicadas sebanyak 11 lubang, blok Sikluk sebanyak 5 lubang, blok petey sebanyak 2 lubang, blok pangeboran sebanyak 11 lubang, blok Talun sebanyak 3 lubang dan blok Gunung Peti sebanyak 5 lubang.

Personil gabungan di bagi dalam 7 kelompok sesuai wilayah target operasi dengan di pimpin oleh dua orang Perwira pengendali.

Tim penertiban juga dilengkapi dengan berbagai alat perlengkapan seperti cangkul, golok, linggis, garpu dan Police line untuk meruntuhkan tenda biru yang di bangun para gurandil juga menutup lubang penambangan emas tersebut.

Tim penertiban yang dipimpin Kapolres Sukabumi juga menyisir tempat pengolahan emas di wilayah Cibareno yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten lebak Propinsi Banten.

Tanpa mengenal lelah pada kondisi cuaca hujan, Kapolres Sukabumi berjibaku bersama anggota tim gabungan menutup lubang galian emas yang di tinggalkan oleh para gurandil.

Pada saat apel persiapan keberangkatan pasukan seperti yang di kutip Paur Humas Sukabumi Kapolres Sukabumi menyatakan bahwa operasi tambang illegal ini dalam rangka menyelematkan lingkungan.

"saya berpesan kepada seluruh anggota untuk menjaga keselamatan diri masing-masing dan laksanakan operasi secara persuasif mengacu pada SOP yang telah ditentukan," Tutur Kapolres.

"Operasi berjalan sukses dengan hasil melebihi target yang telah di tetapkan,"tambah Paur Humas polres Sukabumi.

(Hengki Juendi)