Sosialisasi Saber Hoax DKIP Proyeksikan Pelajar Jadi Duta Anti Hoax

Header Menu

Sosialisasi Saber Hoax DKIP Proyeksikan Pelajar Jadi Duta Anti Hoax

Rabu, 26 Februari 2020
Loading...

Reporterweb  | Sukabumi,-Setelah sebelumnya, Selasa (25/2) dilaksanakan di SMA Yasti Cisaat. Rabu (26/2) Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP)Kab. Sukabumi kembali menggelar Sosialisasi Saber Hoax di MAN 1 Sukabumi.

Sosialisasi Saber Hoax ini dilaksanakan sebagai ikhtiar pemerintah dalam memerangi Hoax dikalangan masyarakat khususnya di kalangan generasi milanial sebagai pengguna aktif media sosial, dimana medsos merupakan sarana yang sering digunakan para penyebar Hoax

Kepala DKIP, H.R. Joni Bambang Sunyoto membuka acara Kegiatan Sosialisasi Saber Hoax tersebut,  dalam sambutannya dirinya mengatakan bahwa kegiatan Ini merupakan salah satu langkah konkret pemerintah dalam membangun stabilitas dalam aktivitas komunikasi publik,

"tentunya semua elemen masyarakat harus ikut secara aktif memerangi dan mengantisipasi Hoax dan segala dampak negatif yang ditimbulkannya,"ungkapnya.

H.R. Joni Bambang berharap semua pengguna media komunikasi untuk membiasakan diri bertabayyun atau klarifikasi berita supaya mendapat referensi berimbang, faktual dan bisa dipertanggungjawabkan.

"carilah kebenaran dari sebuah informasi atau berita, jangan terburu buru untuk sharing berita, pastikan dulu apakah berita tersebut benar dan tidak, karena bisa mengakibatkan provokasi dan saling  hujat, yang pada akhirnya merugikan banyak pihak,"tuturnya.

Kadiskominfo juga mengajak generasi muda melawan dan memberantas berita hoax, demi persatuan dan kesatuan bangsa dan keutuhan NKRI.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid layanan informasi publik, H. Irwan Fajar menjelaskan bahwa sasaran sosialisasi Saber Hoax adalah generasi muda, terutama pelajar.

"seperti kita ketahui, pengguna media sosial di dominasi oleh remaja atau pelajar, mereka jelas rentan terhadap aksi penyalahgunaan informasi, terpapr berita bohong, dan seringkali tanpa analisa dan pertimbangan mendalam, menjadi bagian dari penyebaran berota Hoax tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Irwan Fajar, outcomes dari Sosialisasi Saber Hoax ini, bukan saja mensosialisasikan tentang apa dan bagaimana baha hoax, tetapi juga menjadikan para pelajar sebagai duta anti hoax untuk lingkungannya.

( Andi .R )