Selesaikan Masalah Bank Emok Bupati Sukabumi Resmikan Gedung UPK DBM Mekar Jampang Kulon

Header Menu

Selesaikan Masalah Bank Emok Bupati Sukabumi Resmikan Gedung UPK DBM Mekar Jampang Kulon

Rabu, 26 Februari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Bupati sukabumi H.marwan hamami .MM resmikan gedung unit pengelola kegiatan ( UPK ) Dana Bergulir Masyarakat (DBM) mekar jampangkulon kampung situhiang kelurahan,kecamatan jampang kulon Rabu (26/2/2020)

Acara tersebut di ikuti anggota kodim sukabumi,polsek,kepala UPTD pertanian,DISHUB,camat,anggota dewan dari praksi partai GOLKAR,kepala desa,ORMAS,OKP, se wilayah Jampangkulon,juga di warnai penyaluran DANSOS untuk anak yatim piatu dan LANSIA ,penghargaa desa berprestasi,juga penghargaan kelompok berprestasi,ada pemeriksaan kesehatan ( cek kolestrol ) geratis oleh PUSKESMAS Jampangkulon.

Disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami di saat peresmian Gedung Kantor UPK DBM Jembar "adanya bang emok,dirinya sudah menerima banyaknya pengaduan dari masyarakat terkait aktivitas bank emok dan bank keliling yang meresahkan warga khusnya di wilayah pajampangan,"ungkapnya.

"Pengelola dan pengurus UPK DBM Jembar di Kecamatan Jampangkulon harus dapat menjadi solusi dalam membebaskan warga dari jeratan utang bank emok,"ujar bupati.

Biasanya, pemberian pinjaman oleh bank emok dilakukan dengan sistem berkelompok.Para agen bank emok mendatangi warga dengan sasaran ibu rumah tangga untuk menawarkan produk pinjamannya.

Oleh debitur dalam satu kelompok, pembayaran pinjaman itu secara tanggung renteng.Kalau ada ibu rumah tangga tidak membayar setoran, kelompoknya yang harus mengambil alih tanggung jawab.

"Kehadiran bank emok itu tidak jarang menimbulkan perpecahan dan pertengkaran di antara anggota kelompok maupun di tengah rumah tangga mereka," jelas bupati.

Terpisah,ketua panitia kegiatan Yanti mengatakan "Alhamdulilah acara ini berjalan lancar, atas dukungan semua pihak,mudah-mudahan UPK DBM kecamatan Jampang kulon lebih maju sukses,demi terciptanya kesejahteraan masyarakat Jampangkulon,kami selaku pengelola di sini berharap kedepan nya dari semua pihak minta dukungan nya  supaya dana bergulir di UPK DBM berjalan dengan lancar,"punkasnya.

( ibeng )