Polsek Cikembar Cek TKP Kebakaran Di PT Kino Indonesia Plant

Header Menu

Polsek Cikembar Cek TKP Kebakaran Di PT Kino Indonesia Plant

Jumat, 14 Februari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Hari ini Jum'at tanggal 14 Februari 2020 sekira jam 14.30 WIB, Kapolsek Cikembar Polres Sukabumi Polda Jabar Akp I. Djubaedi, SH bersama Anggota Polsek Cikembar Iptu Deni Miiharja,SH (Kanit Reskrim), Aiptu Sukatman, SPd (Kanit Binmas), KA SPKT II Aiptu Hendi Sukmawan, Bripka Andri Candra (Kanit Intelkam), Bripka Andri.I ( piket SPK), Bripka Aditya.D (piket SPK), Brigadir Benny. F (Cadangan), Brigadir Andri Toni ( Piket Reskrim), Brigadir Rizal Faisal (Bhabinkamtibmas Desa Kertaraharja) telah mendatangi TKP Kebakaran di Perusahaan PT. KINO INDONESIA di Kp. Kertaraharja RT 02/RW 05, Desa Kertaraharja, Kec.Cikembar, Kab. Sukabumi.

Menurut Kapolsek Cikembar Polres Sukabumi Polda Jabar Akp I. Djubaedi, SH, Kronologis kejadian Pada hari Jum'at tanggal 14 Februari 2020 di ketahui sekira jam 14.15 Wib telah terjadi peristiwa kebakaran di PT. Kino Indonesia Cikembar Gedung Plant 9 (9A dan 9B).

“Gedung tersebut merupakan Gedung Produksi sekaligus Gudang penyimpanan bahan baku kosmetik cair yang sangat mudah terbakar (berbahan baku diantaranya Alkohol dan Hidrogen Peroxide),”ungkapnya.

Data saksi yang pertama kali melihat bernama Neng Siti Syarah (24 Th), Pekerjaan Karyawan PT. Kino Indonesia Cikembar Plant 9, Alamat Kp. Loa Copong RT 02/RW 01, Kel./Kec. Lembursitu, Kota Sukabumi.

“Pada waktu kejadian saksi menyaksikan percikan api dari mesin kapsul pencucian tabung yang sedang di gunakan membersihkan botol-botol untuk kosmetik cair(parfum dsb).Selanjutnya api semakin tambah membesar dan karyawan yang kebanyakan adalah wanita berhamburan keluar.Pada saat tersebut beberapa karyawan laki-laki berusaha untuk memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan tapi api semakin membesar,”jelas Kapolsek Cikembar.

Upaya yang telah di lakukan diantaranya Pihak perusahaan bersama Unsur Muspika Kecamatan Cikembar mendatangkan DAMKAR sebanyak 9 (sembilan) Unit Damkar.

Sampai saat ini pukul 20.00 Wib, Api masih belum dapat di padamkan secara total, pihak Damkar masih memadamkan bagian-bagian kecil bangunan yang masih terbakar.

Kerugian yang di Timbulkan akibat kebakaran diantaranya Kerugian Materi berupa rusaknya bangunan gedung pabrik PT.KINO,Gedung Plant 9 (9A dan 9B). Keseluruhan bangunan tersebut rusak terbakar berikut barang-barang yang ada di dalamnya berupa alat produksi dan bahan baku. Total nominal kerugian materil belum bisa di pastikan, masih menunggu konfirmasi dari direksi perusahaan PT. KINO, Cikembar.

Oleh pihak Polsek Cikembar sedang di konfirmasi terutama kepada kepala gedung plant 9 PT.KINO atas nama Sdr.Erwin Yamasitha.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran ini hanya terdapat 6 (enam) orang karyawan yang kena dampak asap kebakaran karena menghirup asap dan di bawa ke Klinik GMC Cikembar, namun menurut keterangan dari Security PT. KINO ke enam karyawan tersebut telah pulang ke rumahnya masing-masing.

Tindakan yang dilakukan Kepolisian Cikembar, Mendatangi TKP, Mengamankan lokasi di sekitar TKP, Menghubungi DAMKAR, Menyampaikan kepada seluruh karyawan yang tidak berkepentingan agar jangan mendekati TKP, Membantu proses pemadaman di sekitar lokasi, dan Melaporkan kepada unsur pimpinan pada kedempatan pertama.

Sampai saat ini personil Polsek Cikembar masih bersiaga di lokasi kebakaran walaupun kebakaran sudah padam sebagai antisipasi.


Nara sumber Humas Polres Sukabumi
( Andreas )