Mengenal Virus Corona Dan Pencegahnya Di Kab.Sukabumi Dinkes Jaga Pola Hidup Sehat

Header Menu

Mengenal Virus Corona Dan Pencegahnya Di Kab.Sukabumi Dinkes Jaga Pola Hidup Sehat

Rabu, 19 Februari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-RCL 98 FM dan KAMI Teve memiliki program terbaru yang bertajuk Kabar Sehat yang merupakan Talkshow/Dialog Interaktif dan Sosialisasi terkait informasi kesehatan ter-update dari instansi kesehatan di Kabupaten Sukabumi.

Hadir sebagai narasumber H. Andi Rahman SKM, MM., Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dan  H. Cucu Sumintardi, SKM, MKM., Kasie Promkes Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dengan tema Talkshow mengenal Virus Corona dan upaya pencegahannya di Kabupaten Sukabumi, Senin (17/02/2020).

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

H. Andi Rahman menyampaikan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yaitu melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas Kesehatan di bidang surveilans epidemiologi dan imunisasi, pencegahan dan pengendalian penyakit menular, pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh kepala Dinas Kesehatan.

Disinggung mengenai virus corona yang saat ini menjadi topik hangat global, H. Andi Rahman menerangkan bahwa virus tersebut berawal dari kurangnya pemahaman pola hidup bersih dan sehat di masyarakat, namun sampai saat ini, Indonesia melalui Kementrian Kesehatan Republik Indonesia meyakinkan masyarakat bahwa sampai saat ini di Indonesia tidak terdampak virus tersebut, begitupun di Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dan stakeholder terkait yang terus melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan penularan virus corona tersebut.

“Virus corona diberikan nama NCov 19 karena ditemukan oleh seorang Bernama Novel pada tahun 2019. Virus corona berkarakter zoonosis karena ditularkan dari hewan ke manusia dan sistem penularannya lebih cepat daripada angka kematiannya karena dapat menular pada siapapun yang melakukan kontak langsung dengan seseorang yang sudah positif terjangkit virus tersebut,”ungkapnya.

Sedangkan H. Cucu Sumintardi menyebutkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi telah melakukan berbagai upaya pencegahan penularan penyakit corona yang salah satunya adalah dengan pola hidup bersih dan sehat yaitu dengan makan makanan yang seimbang, olahraga minimal 30 menit sehari, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas sehari dan lain lain.

“Perlu menjaga kesehatan dengan Perilaku Hidup dan Bersih dengan cara makan bergizi, rajin olahraga, jaga kebersihan lingkungan, banyak minum air putih min 8 gelas dalam sehari, makan masakan yang yang mateng dengan sempurna, cuci tangan pake sabun dengan air yang mengalir dan gunakan masker,“terangnya.

Diakhir talkshow H. Andi Rahman dan H. Cucu Sumintardi menghimbau masyarakat untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat dan meyakinkan masyarakat bahwa Kabupaten Sukabumi saat ini aman dari wabah dan penularan virus corona.

( Dendi )