Liburan Irit Satu Lagi Surga Terpendam Di Selatan Sukabumi

Header Menu

Liburan Irit Satu Lagi Surga Terpendam Di Selatan Sukabumi

Selasa, 25 Februari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Mengeksplor wisata alam di Kabupaten Sukabumi seolah tidak ada habisnya. Wilayah yang masuk dalam Provinsi Jawa Barat ini memang memiliki pesona keindahan Alam yang Luar biasa

Salah satu pilihan wisata Baru yang muncul di Kabupaten Sukabumi Adalah Obyek wisata Curug Cijengkol yang terletak di Kampung Rawaece, Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Air terjun ini berjarak tempuh kurang lebih 8 km dari kantor Kecamatan Cidadap dan kurang lebih sekitar 70 km dari pusat Kota Sukabumi.

Curug Cijengkol merupakan salah satu air terjun di selatan Kab. Sukabumi dengan ketinggian kurang lebih 120 meter.  berada di Curug Cijengkol sangat mengesankan, suguhan udara segar dan panorama alam yang indah membuat betah setiap pengunjung.

"Ada sembilan curug (Air Terjun) di  di Kampung Rawa Ece, Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, dan Curug Cijengkol ini salah satunya," jelas Kepala Desa Hegarmulya Rosidin, Saat ditemui, Selasa (25/02/2020)

Rosidin menjelaskan bahwa penataan kawasan Curug tengah dilakukan dimana pembangunan sarana dan akses penunjang Curug Cijengkol di intervensi dari Program Peningkatan Partisipasi Kecamatan (P3K)  dan swadaya masyarakat.

"Saat ini kami belum menentukan tarif, jadi masyarakat masih bisa bebas dan leluasa datang ke tempat ini," ajaknya.

Curug Cijengkol yang dikelilingi hutan menambah asri dan indah, lelahnya perjalanan ketempat itu  akan terbayar dengan keindahan lukisan alam yang menawan

Selain keindahan Curug Cijengkol, banyak kearifan lokal yang dapat dikembangkan untuk memaksimalkan potensi wisata.

"Desa Hegarmulya ini kaya akan potensi alam. di sini  masih banyak satwa seperti Monyet, lutung, Muka, elang, Landak dan ayam hutan, selain itu peninggalan kebudayaan Sunda Kuno masih sangat kental di Desa kami," ungkapnya.

Intinya, Tambah Rosidin, Dirinya akan terus mengembangkan wisata tersebut untuk mensejahterakan masyarakatnya

"Sesuai tema RPJMD  Pemerintah Kabupaten Sukabuni  2020 yaitu pembangunan berbasis Kawasan, kami akan melakukan pemberdayaan masyarakat, mulai dari penataan kawasan, pembinaan UMKM, dan mendorong sektor sektor lainnya," pungkas Kades Hegarmulya itu.

( Yepi  )