Cikarang Midang Mawa Harepen bupati Sukabumi Kembangkan Ide Kreativitas Dorong Potensi Desa

Header Menu

Cikarang Midang Mawa Harepen bupati Sukabumi Kembangkan Ide Kreativitas Dorong Potensi Desa

Selasa, 25 Februari 2020
Loading...

Reporterweb  | Sukabumi,-Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka bazar tradisional Desa Cikarang tahun 2020, Selasa (25/2/2020). Bazzar bertema "Cikarang Midang Mawa Harepan" tersebut diselenggarakan di halaman Kantor Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi.

H. Marwan Hamami beserta rombongan disambut antusias warga sekitar, pagelaran upacara adat Sunda dan paduan suara PKK Desa Cikarang menjadi jadi pementasan pembuka.

Menurut Bupati, kegiatan tersebut dapat mendorong potensi yang ada di desa. "Masyarakat tinggal memanfaatkan kreatifitas dan ide untuk mengembangkan potensi di desa. Makanan tradisional itu didorong dan dikemas, sehingga masyarakat tertarik," ujarnya.

Bupati juga terus mendorong berbagai potensi di Kabupaten Sukabumi. Terutama dari sektor pertanian, peternakan, dan pariwisata.

 "Kita ingin mendorong kesejahteraan masyarakat. Makanya berbagai potensi dari sektor pertanian, peternakan, dan pariwisata terus digenjot," ucapnya.

Seperti halnya di Kalapanunggal didorong dengan vanilinya. Apalagi kadar minyaknya cukup bagus.

"Sekarang juga ada permintaan dari industri mengenai tanaman kelor. Potensi ini bisa dimanfaatkan warga selatan Sukabumi. Apalagi berdasarkan kajian, menanam kelor bagus di selatan Kabupaten Sukabumi. Tanaman tersebut banyak manfaatnya," jelasnya.

Maka dari itu, menjadi petani akan lebih baik dan besar nilai ke depannya. Apalagi dengan dorongan dari pemerintah.

"Kita ingin mengubah mindset masyarakat Sukabumi agar tidak menjadi pekerja," terangnya.

Perbaikan infrastruktur juga tak kalah penting, karena infrastruktur bagus akan meningkatkan perekonomian dan lainnya di setiap wilayah.

"Kita terus dorong infrastruktur untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Sejauh ini sudah 85 persen infrastruktur bagus di Kabupaten Sukabumi," paparnya.

Kepala Desa Cikarang, Atam mengatakan, bazar tersebut  diselenggarakan untuk  mendorong perekonomian warga.

"Di sini ada yang bisa kerajinan dan lainnya. SDMnya sudah ada tinggal dorongannya,"

Atam juga mengatakan bahwa kedatangan Bupati Sukabumi akan memotivasi warga sekitar. Terutama dalam mendorong potensi di Desa Cikarang.

H. Marwan Hamami mendapatkan cenderamata dari Kepala Desa Cikarang berupa sejumlah kerajinan asal wilayah tersebut. Selanjutnya, Bupati  bersama rombongan meninjau stand bazar tradisional Desa Cikarang.

(Ibeng )