Wujudkan Transparansi Inspektorat Kuatkan Fungsi Pengawasan

Header Menu

Wujudkan Transparansi Inspektorat Kuatkan Fungsi Pengawasan

Senin, 20 Januari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Inspektorat Kabupaten Sukabumi  mengelar Kegiatan Diseminasi Pengawasan Perencanaan Pembangunan pada Perangkat Daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten  Sukabumi dari tanggal 20 s/d 22 Januari 2020 di kawasan Selabintana, Senin (20/01/2020).

Acara yang di buka oleh Kepala Inspektorat Kabupaten Sukabumi Dedi Sutadi itu dihadiri oleh perwakilan dari  Perangkat daerah dan para  Camat se Kabupaten Sukabumi.

Ketua Panitia penyelenggara, Ahmad Mujadid menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan Keppres No.74 tahun 2001 tentang tatacara pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Tujuannya itu untuk membangun komitmen bersama perangkat daerah dalam menjamin penyelenggaraan pemerintah daerah yang bersih dan profesional sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai harapan,"ungkapnya.

Di tempat yang sama Kepala Inspektorat Kabupaten Sukabumi, Dedi Sutadi menyampaikan pentingnya fungsi pengawasan

"Pengawasan sebagai salah satu aspek  manajemen yang sangat penting, sehingga setiap  aktivitas  pembangunan dapat diketahui dan dikenali serta mampu mengkoreksi  berbagai penyimpangan yang terjadi, sehingga setiap permasalahan ataupun hal yang dapat menjadi penghambat pembangunan dapat terdeteksi dan teratasi," terangnya.

Menurut  Dedi Sutadi salah satu ciri Reformasi Birokrasi adalah meningkatnya transparansi dan partisipasi publik melalui keterbukaan informasi pada masyarakat

"Masyarakat boleh menyampaikan   pengaduan kepada pemerintah daerah dan aparat penegak hukum seandainya ada penyelewengan yang dilakukan oleh aparatur sipil negara,"ungkapnya.

Terkait kegiatan yang dilakukan hari ini Dedi mengaku bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah pencegahan.

Di tempat yang sama, Risbandi AR selaku pengawas pemerintahan madya menerangkan bahwa dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan diskusi hukum tentang korupsi dalam pengelolaan keuangan negara.

"Para narasumber hadir diantaranya dari unsur kejaksaan, Kepolisian dan dari inspektorat sendiri yang membahas tentang pengawasan dan pembinaan,  pengawasan keuangan daerah serta dilaksanakan diskusi hukum,"pungkasnya.

( Igun)