Puting Beliung Sapu Perkampungan H Marwan Hamami Bawa Bantuan

Header Menu

Puting Beliung Sapu Perkampungan H Marwan Hamami Bawa Bantuan

Kamis, 23 Januari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Bupati Sukabumi H Marwan Hamami meninjau lokasi bencana puting beliung di Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/1/2020). Bupati mengecek secara langsung kondisi bangunan yang terdampak bencana yang terjadi Rabu kemarin.

Berdasarkan data BPBD Kab. Sukabumi, terdapat empat kampung di Desa Cijulang yang terdampak yakni Kampung Karantina, Citeureup, Cibogo, dan Cikiwul. Bencana puting beliung merusak vebrapa bangunan tapi tidak menimbulkan korban jiwa

Dalam peninjauan tersebut, H. Marwan Hamami menyerahkan sejumlah bantuan, mulai dari sembako hingga kebutuhan bahan bangunan.

Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi bergerak cepat saat terjadi bencana tersebut. Terutama dalam mengidentivikasi jumlah kerusakan hingga bantuan yang diperlukan.

"Kita sudah langsung menginstruksikan agar segera membantu korban yang terdampak bencana puting beliung. Terutama mengenai kebutuhan dasarnya," ujarnya.

Bantuan yang diserahkan, menurutnnya harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat

"Terpenting bahan makanan dan tempat beristirahat. Kalau tidak perlu pindah rumah, bisa dibantu  BPBD dalam penanggulangannya," ucapnya.

Mengenai bencana yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, H. Marwan Hamami mengingatkan agar masyarakat waspada. Apalagi Februari mendatang diprediksi akan menjadi puncak curah hujan.

"Makanya, masyarakat yang rumahnya berada dilereng bukit dan pergunungan untuk berhati-hati. Terutama mengenai bencana longsor," papar nya.

Apabila terjadi bencana, dirinya mengingatkan masyarakat untuk segera berkoordinasi dengan pihak desa yang selanjutnya berkoordinasi dengan BPBD.

"Nanti BPBD yang ke lapangan untuk memberikan bantuan dasar," terangnya.

Sementara Kepala Desa Cijulang Jalaludin mengatakan, terdapat sekitar 93 rumah dan fasilitas umum yang rusak berat dan ringan akibat bencana tersebut.

 "Jadi ada sekitar 90 rumah, dua masjid, dan satu pos ronda yang rusak".

Menurutnya, bencana puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Pasca kejadian tersebut, warga yang rumahnya mengalami kerusakan  diungsikan sementara ke rumah tetangga.

"Kami meminta bantuan lebih dari pak Bupati. Meskipun, sejauh ini sudah ada bantuan dari BPBD," jelasnya.

Anon Warga Desa Cijulang mengaku bersyukur atas peninjauan bBupati Sukabumi. Bahkan dirinya berterima kasih atas bantuan dari bupati Sukabumi.
"Senang bisa dikunjungi pak bupati,"ujarnya.

( Ojem)