Dinsos Dan Dinkes Lebak Fasilitasi Pembuatan BPJS dan Adminitrasi Kependudukan Untuk ODGJ

Header Menu

Dinsos Dan Dinkes Lebak Fasilitasi Pembuatan BPJS dan Adminitrasi Kependudukan Untuk ODGJ

Senin, 20 Januari 2020
Loading...

Reporterweb | Lebak,-ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang ada di wilayah Kab. Lebak sesuai surat edaran Dinas Kesehatan Nomor : 440/1690.1-Dinkes/IX/2019 dan Surat Edaran Dinas Sosial Kab. Lebak Nomor : 460/1388-Bid. Rehabdayasos/2019. hal tersebut di tindaklanjuti Camat Kecamatan Cilograng bekerja sama dengan Puskesmas Cilograng dengan mendatangi ODGJ yang ada di Wilayah Kecamatan Cilograng Senin, 17/01/2020

Khaerudin, S.Pd. M.Si Camat Kecamatan Cilograng menuturkan, " Giat ini merupakan hal positif dan di pandang sangat baik karena ODGJ merupakan satu permasalahan Sosial yang memang harus di sikapi secara serius oleh Pemerintah, terlebih soal jaminan Kesehatannya, karena banyak ODGJ pasung membutuhkan Jaminan Kesehatan".

"Jika Jaminan Kesehatannya sudah ada maka persoalan sosial untuk ODGJ akan sangat terbantu," tuturnya.

terpisah Kepala Puskesmas Kec. Cilograng Tatang kusmana, SKM. M.Si menyampaikan.

"Administrasi Kependudukan dan Jaminan Kesehatan untuk ODGJ nanti akan di urus oleh TKSK Kec. Cilograng setelah administrasinya selesai ODGJ akan kami rujuk ke RSJ jika dari pihak keluarganya mengijinkan. namun jika tidak, tetap akan kami lakukan pengobatan rutin seperti biasanya,"Ujarnya.

"Persoalan ODGJ di Kab. Lebak merupakan persoalan yang sangat diperhatikan oleh Pemkab Lebak terbukti dari surat edaran Dinas Kesehatan dan di tindaklanjuti oleh Dinas Sosial Kab. Lebak dan Pemerintah Kec. di seluruh Kab. Lebak,"tutur Awalaudin selaku TKSK Kecamatan Cilograng saat ditemui awak media senin, 20/01/2019.

"Setiap ODGJ berhak mendapatkan perhatian dari pemerintah karena mereka adalah bagian dari masyarakat Kab. Lebak yang termasuk dalam Daftar PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial). yang berarti merupakan bagian daripada tugas dan tanggungjawab Pemerintah Kab. Lebak, saya sangat apresiasi giat yang dilaksanakan oleh Pemda Lebak dalam memperhatikan  secara khusus persolalan ODGJ di wilayah Kab. Lebak,"pungkasnya.


Tonay