50 Beasiswa Disiapkan H Marwan Hamami Launching Beasiswa Bupati Sukabumi

Header Menu

50 Beasiswa Disiapkan H Marwan Hamami Launching Beasiswa Bupati Sukabumi

Rabu, 22 Januari 2020
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami luncurkan program beasiswa bagi masyarakat di Gedung Pendopo Sukabumi, Rabu (22/1/2020). Program yang diberi nama Beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2020 tersebut diinisiasi oleh Universitas Nusa Putra untuk menyukseskan satu Kecamatan satu sarjana.

H. Marwan Hamami mengatakan, program beasiswa tersebut dapat mendorong terwujudnya Kabupaten Sukabumi lebih baik dalam rangka peningkatkan sumber daya manusia (SDM).

 "Ini juga langkah untuk mempersiapkan generasi muda agar SDM di Kabupaten Sukabumi maju," ujarnya usai Launching.

Dalam peningkatan SDM yang diperkuat dari segi religiusnya, maka terdapat syarat khusus bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang menginginkan program beasiswa tersebut. Apalagi ada 50 kuota.

"Dalam mencari putra putri terbaik Kabupaten Sukabumi ini, syaratnya harus bisa membaca Alquran selain ada tes lainnya juga," ucapnya.

Menurutnya, syarat kereligiusan ini cukup penting. Apalagi dalam menjawab tantangan ke depan.

"Tantangan zaman ke depan semakin berat. Makanya, generasi muda harus mempunyai keimanan untuk membentengi diri dari berbagai hal negatif. Kalau tidak, mereka bisa lupa dengan jati diri," ungkapnya.

Bupati menambahkan, beasiswa tersebut gratis hingga lulus. Bahkan bagi mahasiswa penerima beasiswa seorang yatim piatu maka akan dibantu biaya sehari harinya.

"Kalau anak berpotensi bagus maka akan dibantu lewat BAZ (Badan Amil Zakat)," terangnya

Ke depan, beasiswa tersebut akan terus dilanjutkan. Bahkan bisa jadi ke depannya semakin besar.

"Bisa saja sekarang baru 50 beasiswa, ke depan sampai 200 atau lebih. Ini akan terus berlanjut," jelasnya.

Tak hanya itu, H. Marwan pun sedang memikirkan beasiswa untuk sekolah kedokteran. Pasalnya, di Kabupaten Sukabumi masih kekurangan dokter.

"Kita juga sedang memikirkan beasiswa untuk dokter di Kabupaten Sukabumi," paparnya.

Mengenai beasiswa yang baru dilaunching tersebut, dirinya menekankan tanpa adanya campur tangan APBD. Semuanya berasal dari Universitas Nusa Putra.

"Tidak memakai APBD. Ini murni dari Universitas Nusa Putra. Kami bersyukur atas beasiswa yang diinisiasi Nusa Putra ini," tegasnya.

Rektor Universitas Nusa Putra, Kurniawan mengatakan, beasiswa tersebut merupakan apresiasi terhadap Bupati Sukabumi. Hal itu pun untuk mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi.

"Nusa Putra ingin membantu dalam percepatan pembangunan Kabupaten Sukabumi. Akademisi mendorong di bagian ( pemberian beasiswa) ini, dan kami ingin menjadi triger dikabupaten sukabumi," ungkapnya.

Mengenai syarat ataupun lainnya semua diserahkan kepada Bupati Sukabumi seperti ada syarat harus bisa membaca Alquran.

"Syarat ini itu dipersilahkan kepada Pak Bupati. Sebab beliau mengetahui potensi di wilayahnya,"imbuhnya.

Namun dirinya meyakini, masyarakat yang mengikuti program beasiswa tersebut cukup beruntung. Apalagi mereka yang memiliki nilai tinggi.

"Lima nilai terbaik akan diberi hadiah tambahan dari kampus. Bahkan bisa diberangkat ke luar negeri. Apalagi jika memperoleh Toefl sebesar 500," terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Solihin mengatakan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan beasiswa tersebut, proses pendaftarannya dilakukan di masing masing Kecamatan.

"Pendaftaran di Kecamatan mulai dari 28 Januari s/d 28 Februari 2020, setelah itu seleksi pada 7 Maret di salah satu sekolah di masing masing Kecamatan. Setelah itu, pada 15 Maret akan diumumkan yang mendapatkan beasiswa ini,".

Terdapat 10 program study S1 di Universitas Nusa Putra yang bisa dipilih penerima beasiswa yakni Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, PGSD, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Tehnik Mesin, Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi, dan Teknik Elektro.

(Igun)