Wabup Paparkan Kabupaten Sehat Kepada Forum Ong Timor Leste

Header Menu

Wabup Paparkan Kabupaten Sehat Kepada Forum Ong Timor Leste

Jumat, 06 Desember 2019
Loading...

Reporterweb | Sukabumi,-Wakil Bupati Sukabumi H Adjo Sardjono di dampingi Ketua Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) Hj. Yani Jatnika Marwan menerima Audiensi Forum ONG Timor Leste (FONGTIL) yang juga didampingi Seknas FITRA, di Pendopo Sukabumi JL. Ahmad Yani. Kamis (5/12).

Menurut Nori Maria Soares selaku ketua Unit Audit Sosial Perdana Menteri Timor Leste, Kunjungan ini merupakan study banding dan sharing terkait kegiatan Audit sosial, selain itu untuk berkoordinasi dan mempelajari pelayanan bidang kesehatan, pendidikan, dan sosial kepada Pemerintah Kab.Sukabumi.

"Dengan kegiatan ini, kami mendapatkan pengalaman baru untuk diimplementasikan sekaligus memperbaiki serta mensejahterakan masyarakat kami terutama bidang kesehatan dan pendidikan di timor leste melalui social audit program," ungkap Nori.

Merespon maksud Kunjungan FONGTIL, Wakil Bupati Sukabumi H Adjo Sardjono menyampaikan bahwa Kabupaten/Kota sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi.

"Konsep Kabupaten/Kota sehat ini tidak hanya memfokuskan pada pelayanan kesehatan tetapi juga kepada aspek menyeluruh yang mempengaruhi kesehatan masyarakat baik jasmani dan rohani," terangnya.

Wabup menambahkan bahwa Kota dan Kabupaten yang memenuhi klasifikasi sebagai Kota/Kabupaten Sehat akan dianugerahi penghargaan Swasti Saba dengan tiga tahapan yakni menjadi Kabupaten/Kota sehat kategori Swasti Saba Padapa (Pemantapan), kemudian Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan), selanjutnya Swasta Saba Wistara (Pengembangan)

"Demikian halnya yang telah diraih oleh Kabupaten Sukabumi pada tahun 2015 alhamdulillah telah mendapatkan penghargaan yaitu Swasti Saba Padapa. Pada tahapan ini tatanan yang dipilih oleh Kabupaten Sukabumi yaitu :
Tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat," pungkasnya.

Kegiatan tersebut di lanjutkan dengan dialog interaktif antara FONGTIL dengan Pemkab Sukabumi dan FSKSS, serta di lanjutkan dengan bertukar Cendra mata antara ketua Unit Audit Sosial Timor Leste dengan Pemkab Sukabumi dan Ketua FSKSS.

Selain ketua FSKSS hadir pula mendampingi Wabub, Kadis Sosial, para Camat dan unsur lainnya.
(Ojem)