Dansektor 21 Citarum Memeriksa Kondisi Air Limbah

Advertisement


Dansektor 21 Citarum Memeriksa Kondisi Air Limbah

REPORTER
Kamis, 01 Agustus 2019


INFONEWS.CO.ID ■ Inf. Kolonel Yusep Sudrajat sebagai Dansektor 21 dari Satuan Tugas Citarum memeriksa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) ke salah satu pabrik yang berlokasi di wilayah Kota Cimahi.

Tindakan ini dilakukan untuk menentukan sejauh mana pemilik perusahaan, melakukan komitmen yang telah dibuat dengan "Gugus Tugas Sektor Citarum 21" beberapa waktu lalu.

Perusahaan yang tujuan pemeriksaan (inspeksi) adalah PT. Dewa Sutratex, terletak di Jalan Cibaligo No. 76 KM. 2.8, Kota Cimahi.

Ketika dimintai penjelasan, Inf. Kolonel Yusep Sudrajat sebagai Dansektor 21 menjelaskan, "Hari ini untuk ketiga kalinya, Satgas Sektor 21 memeriksa IPAL ke salah satu pabrik di daerah Cimahi. Ini untuk memeriksa kembali, komitmen yang telah kami buat sebelumnya, PT Dewa Sutratex juga membuat komitmen dengan kami sekitar 7 bulan yang lalu dan sekarang kami memeriksa lagi dan hasilnya dapat dilihat bersama, "kata Dansektor.

Setelah kami periksa sekarang, kata Dansektor, hasilnya jelas dan ada ikan yang sudah berada di penampungan untuk waktu yang lama. Sehingga apa yang telah dilakukan dengan PT. Dewa Sutratex, khususnya sektor 21 yang masih dipertahankan.

"Sekarang kita bisa melihat, apa yang tadinya Instalasi tidak ada, sekarang telah dibuat dan ada lebih banyak tambahan untuk mengejar parameter yang diperlukan oleh kami, sektor 21 Gugus Tugas," katanya.

Menurutnya, tidak mudah untuk mengimplementasikan ini, di mana anggarannya juga tidak sedikit. Tetapi itu sesuai dengan produksi yang diambil oleh perusahaan ini.

Dansektor 21 tetap berkomitmen bahwa Peraturan Presiden No. 15 tahun 2018, yang diterbitkan pada putaran Maret 2018, hanya dapat berjalan jika dimulai dari Dansector sebagai Gugus Tugas atau Komandan Gugus Tugas, sampai tim pengawal menjaga bahwa itu akan berfungsi dengan baik.

"Kami akan terus menjaganya dan tentu saja tidak ada pilihan lain, apalagi Presiden yang mengeluarkan dan Presiden adalah Panglima TNI. Saya, sebagai TNI, harus melaksanakan perintah," jelas Kolonel Yusep .

BACA JUGA : Dansektor 21 Citarum Checks Wastewater Conditions 

Kesimpulan kami adalah, kata Dansektor, 3 pabrik yang telah diperiksa hari ini, saya pikir sudah cukup dan saya tidak perlu mengevaluasi lagi.

"Pabrik-pabrik baru saja mengolah limbah dengan baik. Kecuali ada yang kurang, baik ikan mati dan sebagainya, atau tidak lagi aman dan nyaman untuk dilemparkan ke lingkungan di DAS Citarum, kita hanya perlu mengevaluasinya, "Dansektor menyimpulkan

Sementara itu, ketika dikonfirmasi perusahaan tidak ingin memberikan tanggapan terkait yang dibuat oleh Gugus Tugas Citarum yang dipimpin oleh Inf. Kolonel Yusep Sudrajat sebagai Dansektor 21.

Namun, menurut salah satu karyawan WWTP yang tidak ingin disebutkan namanya, perusahaan selalu berusaha melakukan perbaikan pada WWTP untuk membuat pemrosesan lebih baik dan lebih aman. (JBN)

Loading...